Hari Peduli Sampah, Pemkab Lampung Utara Keruk Sampah di Jalan KS Tubun

Tanggal 01 Mar 2024 - Laporan Harian Momentum - 292 Views

MOMENTUM, Kotabumi -- Pemerintah Kabupaten Lampung Utara melaksanakan pengerukan sampah di Jalan KS Tubun Islamic Center Kelurahan Kotaalam, Jumat 1 Maret 2024. Kegiatan ini untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN).

Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Bupati Lampung Utara, Ardian Saputra, Sekdakab Lampura Lekok, Asisten 1 Mankodri, Kepala Dinas Sosial Gadriyanto, Kadis DLH Ina Sulistya Achyar, Kadis Kominfo Gunaido Uthama, Kadis Pendidikan Sukatno, Kasat Pol PP Hairul, Kadis Pariwisata Perdana, Kepala Kesbangpol Matsole, sejumlah pejabat kecamatan dan kelurahan setempat.

Menurut Ardian Saputra, pengerukan sampah dan bersih-bersih lingkungan tersebut dilakukan sebagai upaya pemerintah daerah menangani sampah. Masyarakat diharapkan tidak lagi membuang sampah sembarangan agar lingkungan sekitar tetap aman dan nyaman.

"Kesadaran masyarakat berperan penting dalam menjaga lingkungan agar tetap bersih dan nyaman dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat," ucapnya.

Selain itu, kata dia, diperlukan banyak tempat sampah di perumahan matrik untuk memudahkan warga. Pemerintah daerah akan memeriksa dan memberikan arahan untuk segera menyediakan tempat pembuangan sampah. Jika tidak diindahkan, pemilik perumahan matrik akan dipaggil.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Ina Sulistya menjelaskan, kegiatan bersih-bersih pengerukan sampah tersebut melibatkan 10 armada truk, satu excavator dan 70 tenaga petugas kebersihan.

"Dengan kegiatan seperti ini, diharapkan masyarakat sekitar tidak lagi membuang sampah sembarangan. Karena selain menyebabkan lingkungan kita kotor, juga bisa menimbulkan bau kurang sedap yang berdampak kepada kesehatan kita sendiri," ucap Ina Sulistya.

Selain pengerukan sampah, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lampung Utara juga telah melaksanakan kegiatan pelatihan pemanfaatan limbah plastik untuk menjadi produk kerajinan pada 16 Februari 2024.

Kegiatan bersih-bersih juga dilakukan pada 23 Februari 2024 dengan melibatkan seluruh perangkat daerah se-Kabupaten Lampung Utara di sekitar Pasar Dekon.

Puncak peringatan HPSN 2024 dilaksanakan dengan kegiatan sosialisasi peningkatan peran serta masyarakat dengan konsep bank sampah dan pemanfaatan sampah dalam meningkatkan ekonomi rumah tangga. 

Kegiatan tersebut akan dilakukan bersama ibu Ketua TP-PKK Lampura di mana pesertanya nanti adalah para Camat se Kabupaten Lampung Utara, ketua TP-PKK Kecamatan Kelurahan serta unsur dari UMKM. 

Dinas Lingkungan Hidup juga memiliki program tentang Sekolah Adiwiata yaitu sebuah sekolah yang peduli terhadap lingkungan dengan mengundang perwakilan dari sekolah SD dan SMP. (rls*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Lepas Kirab Marching Band, Gubernur: Berkreas ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Lampung Dr (HC) Ir. Arinal Djun ...


Galang Dukungan Persiapan Pemekaran Kabupaten ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Panitia Persiapan Pemekaran Daerah Otono ...


Pringsewu Mulai Terapkan TP2DD ...

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintahan Kabupaten Pringsewu mulai mener ...


Lomba Desa, Dua Pekon Siap Wakili Pringsewu d ...

MOMENTUM, Gadingrejo--Pekon (Desa) Bulurejo, Kecamatan Gadingrejo ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com