Pemkab Mesuji dan PT UJA Panen Perdana Singkong Program CSV

Tanggal 06 Mar 2024 - Laporan Arifin. - 168 Views
Panen perdana kerjasama petani dengan PT Umas Jaya Agrotama di Desa Bukoposo, Kecamatan Wayserdang, Mesuji. Foto. Arifin.

MOMENTUM, Mesuji -- Pemkab Mesuji dan PT Umas Jaya Agrotama (UJA) melakukan panen singkong di lahan petani mitra PT UJA di Desa Bukoposo, Kecamatan Wayserdang, Selasa 5 Maret 2024. 

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Mesuji, Indra Kusuma Wijaya mengatakan, lahan petani yang terdaftar dalam kerjasama budidaya komoditas singkong dengan PT UJA, berjumlah tujuh lahan seluas delapan hektare. 

Penanaman singkong kemitraan itu dilakukan pada Juni dan Juli 2023. Dengan masa tanam sekitar delapan sampai sembilan bulan. "Panen perdana seluas 4,74 hektare milik empat petani," katanya.

Sementara Direktur Perencanaan Perwujudan Kawasan Transmigrasi Kementerian PDTT RI Bambang menyebut, Kabupaten Mesuji merupakan daerah pertama yang difasilitasi kerjasama budidaya komoditas singkong melalui Program Creating Shared Value (CSV).

Dia berharap, Kemitraan terus berjalan dan memberikan manfaat, khususnya bagi masyarakat Kabupaten Mesuji. Kemitraan budidaya singkong ini, kerjasama Bumdes Bukoposo sebagai pihak yang menjembatani antara petani dengan PT Umas Jaya Agrotama. 

Petani mitra diarahkan untuk melakukan aktivitas budidaya sesuai standar budidaya. Seluruh hasil panennya, diserahkan ke PT Umas Jaya Agrotama. Sehingga petani mendapatkan kepastian harga.

Selain itu, petani mitra juga mendapatkan pembiayaan tanpa bunga. Seluruh biaya budidaya tanaman singkong ditanggung PT Umas Jaya dan akan dipotong saat panen.

Kepala Dinas Nakertrans Mesuji, Najmul Fikri menjelaskan, kerjasama ini masih pada fase percontohan. "Kami sempat khawatir akan gagal panen karena pada saat menanam sempat dilanda kemarau yang cukup panjang," katanya.

Dengan keberhasilan demplot tersebut, dia berhahrap, kerjasama kemitran dapat terus dikembangkan sehingga semakin banyak petani yang ikut dalam kemitraan. 

Selain itu, melalui kerja sama ini, komoditas singkong dari Mesuji tidak lagi dijual dalam produk mentah. Melainkan telah menjadi produk olahan. Sehingga dapat menyerap tenaga kerja lokal secara masif yang pada akhirnya dapat meningkatkan perekonomian petani singkong di Mesuji. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Angka Stunting di Tiga Kabupaten Masih Tinggi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Angka stunting di tiga kabupaten masih c ...


Terkesan Mandek, Panitia Pemekaran DOB Natara ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Panitia Persiapan Daerah Otonomi Baru (D ...


Lepas Kirab Marching Band, Gubernur: Berkreas ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Lampung Dr (HC) Ir. Arinal Djun ...


Galang Dukungan Persiapan Pemekaran Kabupaten ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Panitia Persiapan Pemekaran Daerah Otono ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com