Kajian Ramadan PTPN I Regional 7, IKBI Bagikan Sembako

Tanggal 14 Mar 2024 - Laporan Nurjanah/Rilis. - 340 Views

MOMENTUM, Bandarlampung -- Hari kedua Ramadan 1445 H, PTPN I Regional 7 bersinergi dengan Ikatan Keluarga Besar Istri (IKBI) dan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) menggelar Kajian Ramadan, Rabu 13 Maret 2024. Digelar di Ruang Harmonis Kantor Regional 7 Bandar Lampung, dalam momen ini IKBI Regional 7 menyerahkan 250 paket sembako.

Hadir pada acara itu, Regional Head PTPN I Regional 7 Denny Ramadhan didampingi istri, Ny. Susi Denny R sebagai Ketua IKBI Regional 7. SEVP Business Support Okta Kurniawan beserta Istri, Ny. Pami Okta, SEVP Operation Wiyoso beserta istri, Ny. Linda Wiyoso, dan para pejabat utama lainnya. Sedangkan sebagai pengisi materi kajian, panitia menghadirkan Dr. KH. Bukhari Muslim, Lc., M.A., Dosen UIN Raden Intan Lampung.

Acara diawali oleh Ustaz Syarwan Matondang melalui Surah Al Imran ayat 134 Alqur’an yang berisi pujian Tuhan kepada orang-orang yang menafkahkan hartanya ke jalan Alloh, baik dalam kondisi lapang maupun sempit. Ayat yang juga menyeru agar menahan amarah dan memaafkan kesalahan orang lain itu menjadi pembuka sekaligus ajakan yang merekatkan Kajian di awal bulan Ramadhan ini dengan Bakti Sosial yang dilaksanakan oleh IKBI Regional 7.

Dalam sambutannya, Denny Ramadhan menyampaikan apresiasinya kepada IKBI dan PHBI yang menggelar acara ini. Ia meyakinkan, penguatan keimanan dan kepedulian kepada sesama adalah salah satu pilar terkuat dalam bisnis yang dijalankan PTPN sebagai perusahaan perkebunan.

“Ada banyak sekali urusan teknis dalam menjalankan perusahaan kita ini, tetapi kita harus yakin bahwa kebaikan Alloh SWT., Tuhan Yang Maha Esa berada di atas segalanya. Urusan agronomis, urusan operasional, dan urusan-urusan teknis lainnya hanyalah ikhtiar. Tetapi keberhasilan menjadi hak prerogatif Alloh. Tanah, iklim, cuaca, bencana, itu milik Alloh. Maka, selain ikhtiar teknis, kita juga harus kuatkan ikhtiar manajemen langit seperti yang kita lakukan saat ini. Kita wajib bersyukur karena dipertemukan kembali dengan Bulan Ramadhan dimana dapat beribadah untuk semakin menguatkan iman dan menjadi orang yang bertakwa” kata dia.

Secara operasional, Denny menyatakan sangat optimistis PTPN I Regional 7 akan mampu melaksanakan misinya. Regional 7 adalah unit kerja PTPN I dengan areal kelapa sawit dan karet yang cukup luas, selain berbagai potensi prospektif lainnya. 

“Sejak 1 Desember 2023 kita sudah menjadi bagian dari Subholding Supporting Co. Kita diandalkan dan menjadi backbone karena potensi kita sangat besar. Kita tahu, pada 2014 lalu PTPN VII sempat menjadi salah satu PTPN yang siap go public. Itu artinya kita punya potensi dan prospek besar. Itulah maka tagline Regional 7 saat ini adalah “Bangkit...Bangkit...Bangkit!" Berubah atau punah!”, kata dia membangkitkan semangat.

Acara yang digelar secara hybrid ini diikuti secara virtual dari semua Kebun di Wilayah Lampung, Sumsel, dan Bengkulu. Secara lugas Denny mengajak semua elemen pada semua segmen untuk bersama-sama mewujudkan angka-angka RKAP dengan bekerja maksimal. Dia menyebut, pada kinerja 2024 ini menunjukkan angka-angka optimistis dalam meraih laba.

Sementara itu, dalam ceramahnya, Dr. Ahmad Bukhari Muslim mengajak umat muslim, terutama karyawan Regional 7 untuk menggunakan kesempatan Ramadhan ini dengan baik. Ia menyebut Ramadhan adalah bulan yang penuh kemuliaan.

“Ramadhan adalah satu-satunya Bulan yang disebut Alloh dalam Alqur’an. Ramadhan adalah satu-satunya Bulan yang ada kewajiban puasa sebulan penuh. Tidak ada puasa wajib di bulan lain. Ibadah puasa Ramadhan adalah satu-satunya ibadah yang penilaiannya hanya oleh Alloh. Alloh berkata; ‘Jika ada hamba yang berpuasa, maka puasanya pasti karena Aku,” kata penceramah yang studi S1 dan S2 nya di Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir dan gelar Doktornya di UIN Raden Intan Lampung itu.

Bukhari Muslim melanjutkan, begitu banyak hikmah dan karomah Bulan Ramadhan sehingga Rasululloh pun sangat menanti kedatangannya. Tiga bulan sebelum Bulan Mulia itu datang, kata dia, setiap muslim dianjurkan untuk terus melangitkan doa; “Ya, Alloh. Berkahilah kami di Bulan Rajab dan Syakban, dan sampaikanlah kami kepada Bulan Ramadhan.”

“Doa Allohumma bariklana fi Rajaba, wasyakbana, wabalighna Romadona itu sangat berhikmat karena Rasululloh Muhammad SAW mengatakan bahwa Rajab adalah bulan Alloh, Syakban adalah Bulanku (Rasululloh), dan Ramadhan adalah bulan umatku. Itu artinya Ramadhan adalah bulan bagi kita umat manusia yang beriman,” kata dia.

Paket sembako dalam bakti sosial yang dilaksanakan IKBI Regional 7, diserahkan secara simbolis. Regional Head dan SEVP yang didampingi para istri, serta para Kepala Bagian menyerahkan sembako kepada perwakilan dari 250 penerima. 

Paket sembako terdiri atas beras, minyak goreng, gula pasir, tepung terigu, dan susu tersebut merupakan donasi dari Manajemen Regional 7, Pengurus IKBI, dan donatur lainnya.

Para penerima adalah karyawan golongan 1 & 2, satpam, cleaning service, driver, marbot masjid, warga sekitar, dan para purnakaryawan.

“Kami berharap bantuan ini bisa menjadi penyambung hati dalam silaturahmi yang tulus. Juga sedikit membantu saudara-saudara kami dalam memenuhi kebutuhan pokok keluarga. Semoga barokah, ya,” kata Ny. Susi Denny Ramadhan, Ketua IKBI PTPN I Regional 7 kepada salah satu penerima. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


PTPN I Regional 3 Lepas Calon Jemaah Haji di ...

MOMENTUM, Semarang -- PT Perkebunan Nusantara (PTPN) I Regional 3 ...


Gelar Halal Bihalal, Bank Mandiri Siap Berkol ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Bank Mandiri bersama Persatuan Wartawan ...


Arus Balik Pemudik di Pelabuhan Bakauheni Lan ...

MOMENTUM, Bakauheni -- Volume kendaraan di Pelabuhan Bakauheni, L ...


Ratusan Ribu Pemudik Kembali ke Jawa ...

MOMENTUM, Bakauheni--Volume arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Ka ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com