Ratusan Ribu Pemudik Kembali ke Jawa

Tanggal 15 Apr 2024 - Laporan Endri - 432 Views
Antrean kendaraan arus balik lebaran di gerbang tol Pelabuhan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan FOTO: Antara

MOMENTUM, Bakauheni--Volume arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan,  meningkat drastis. PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Utama Bakauheni, mencatat  jumlah penumpang kapal yang menyeberang dari pelabuhan tersebut ke Pelabuhan Merak, Banten pada H+4 lebaran atau Minggu (15-4-2024) mencapai 448.514 orang

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi mengatakan, peningkatan jumlah penumpang arus balik lebaran sudah mulai terjadi pada H+2.

Untuk mengantisipasi penumpukan penumpang, sekaligus menjamin kelancaran arus balik PT ASDP menyiapkan langkah mitigasi, antara lain: menghapus pemberlakuan tiket kedaluwarsa bagi kendaraan penumpang golongan II dan IVA sampai dengan 24 jam sejak waktu masuk pelabuhan.

"Aturan penghapusan tiket kadaluarsa ini sudah kami sosialisasikan. Jadi pengguna jasa penyeberangan tidak perlu khawatir jika pada arus balik mengalami kemacetan saat menuju Pelabuhan Bakauheni. Tiket ferry tidak akan hangus selama pengguna jasa tiba di pelabuhan dalam 24 jam dari waktu masuk pelabuhan yang tertera di tiket," kata Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi.

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) juga mencatat, jumlah penumpang tertinggi pada arus balik Lebaran terjadi pada H+4 dengan jumlah 159.950 orang.

Sedangkan pada H+3 penumpang yang menyeberang ke Pulau Jawa berjumlah 115.950, H+2 jumlah penumpang 69.205 dan H+1 jumlah penumpang 41.280 orang.

Pantauan di Toll Gate Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan pada Senin siang, kendaraan roda empat yang ingin memasuki dermaga terlihat masih landai, tanpa antrean panjang. Begitu pula dengan kendaraan roda dua, meskipun memang arus lalu lintas ke arah pelabuhan masih terus mengalir baik dari jalan toll maupun Jalan Lintas Sumatera.

Kemudian, untuk kendaraan yang telah diseberangkan oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Utama Bakauheni pada Senin (15/4) ke Pelabuhan Merak berjumlah 38.388 unit baik kendaraan roda dua (R2) maupun roda empat (R4).

Jumlah kendaraan R2 yang diseberangkan pada hari keempat setelah Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah itu sebanyak 18.782 unit serta kendaraan R4 sebanyak 18.596 unit.

Kepolisan Daerah (Polda) Lampung menyebutkan bahwa puncak arus mudik di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatam masih terkendali meskipun volume kendaraan terjadi peningkatan.

"Berdasarkan pantauan kami memang ada peningkatan volume kendaraan yang datang ke Pelabuhan Bakauheni pada malam ini, namun semua masih terkendali hingga kini," kata Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika, dalam keterangan yang diterima di Lampung Selatan, Lampung, Senin dini hari.

Dia mengatakan, melihat data yang tercatat pada hari sebelumnya, diperkirakan lebih dari 30.000 kendaraan yang akan menyeberang ke Pelabuhan Merak pada Ahad malam ini.

"Meski demikian arus lalu lintas masih dalam kondisi normal, ataupun padat lancar. Kepolisian telah mengatur strategi agar pemanfaatan kantung-kantung parkir di dermaga bisa optimal," kata dia. (**)

Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


Pawai Budaya Meriahkan HUT Kampung Caturkarya ...

MOMENTUM, Banjarmargo--Pawai budaya mewarnai kemeriahan peringata ...


Anggota PWI Harus Profesional dan Taat Kode E ...

MOMENTUM, Panaragan -- Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) P ...


Granat Metro Penyuluhan Pencegahan Narkoba ...

MOMENTUM, Metro--Gerakan Nasional Anti Narkotika (Granat) Kota Me ...


Bupati Pesawaran Sebut Peringatan Harkitnas M ...

MOMENTUM, Gedongtataan--Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Har ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com