Arus Balik Pemudik di Pelabuhan Bakauheni Lancar, Antrean 30 Menit

Tanggal 16 Apr 2024 - Laporan Endri. - 411 Views
Arus kendaraan di pintu masuk Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan. Foto. Endri.

MOMENTUM, Bakauheni -- Volume kendaraan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan mengalami peningkatan pada malam H+3 Lebaran 2024.

Pantauan di Pelabuhan Bakauheni pada Minggu (14-4-2024) mulai pukul 20.00 - 23.50 WIB, pemudik berkendara terus mengalir masuk area pelabuhan. Hampir seluruh lapangan pakir, enam di dermaga reguleer dan satu demaga eksekutif, dipenuhi kendaraan pemudik. Antrean kendaraan masuk kapal, sekitar 30 menit.

Data ASDP, peningkatan volume kendaraan pemudik terjadi sejak Jumat (12-4-2024) hingga Minggu (14-4-2024) pagi. Pada Sabtu (13-4/-024) jumlah kendaraan yang masuk area pelabuhan mencapai 28 ribu unit.

Kapolda Lampung Inspektur Jenderal (Irjen) Helmy Santika mengatakan terjadi peningkatan signifikan volume kendaraan yang datang ke Pelabuhan Bakauheni.

Dia mengatakan, jika melihat data yang tercatat pada hari sebelumnya, diperkirakan lebih dari 30 ribu kendaraan yang akan menyeberang ke Pelabuhan Merak pada Minggu malam ini.

Meski demikian, kata dia, arus lalu lintas masih dalam kondisi normal. Kepolisian telah mengatur strategi agar pemanfaatan kantung-kantung parkir di dermaga bisa optimal. "Sementara ini belum diberlakukan delaying system. Status pelabuhan masih hijau," kata dia.

Dia mengakui ada juga peningkatan volume lalu lintas di jalan tol Lampung mulai dari akses masuk rest area KM 20B.

"Ini strategi agar kendaraan tidak terlalu menunggu lama masuk area pelabuhan. Ketika kendaraan sudah masuk kendaraan, kita alirkan lagi dari rest area ke pelabuhan," katanya.

Rest area KM 20B juga menjadi screening tiket terakhir sebelum pemudik masuk pelabuhan. Sehingga jika belum memiliki tiket diwajibkan melakukan pembelian di rest area. (**)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Pawai Budaya Meriahkan HUT Kampung Caturkarya ...

MOMENTUM, Banjarmargo--Pawai budaya mewarnai kemeriahan peringata ...


Anggota PWI Harus Profesional dan Taat Kode E ...

MOMENTUM, Panaragan -- Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) P ...


Granat Metro Penyuluhan Pencegahan Narkoba ...

MOMENTUM, Metro--Gerakan Nasional Anti Narkotika (Granat) Kota Me ...


Bupati Pesawaran Sebut Peringatan Harkitnas M ...

MOMENTUM, Gedongtataan--Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Har ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com