365 Calon Jemaah Haji Metro Mengikuti Manasik

Tanggal 18 Apr 2024 - Laporan Adipati Opie - Rio. - 941 Views
Walikota Metro Wahdi Siradjuddin. Foto. Rio.

MOMENTUM, Metro--Sebanyak 365 calon jamaah haji (CJH) Kota Metro mengikuti bimbingan manasik. Walikota Wahdi Siradjuddin meminta CJH menjaga kesehatan agar bisa melaksanakan rukun Islam kelima itu dengan baik.

"Manasik haji diselenggarakan untuk memberikan bekal kepada calon jemaah haji agar dapat menjalankan ibadah dengan baik selama di Tanah Suci," ujar Wahdi dalam kegiatan yang berlangsung di Masjid Taqwa Metro, Kamis (18-4-2024).

Para calon jamaah haji juga diminta mengikuti manasik haji dengan baik. Selain mempersiapkan diri secara maksimal agar ibadan hajinya diterima oleh Allah atau menjadi haji mabrur. 

"Harapan kita, semua rangkaian kegiatan dapat diikuti. Sehingga jamaah haji Kota Metro menjadi haji yang mabrur. Kita harus ikhlas menjalankan ibadah. Selain itu, penting untuk mempersiapan segala keperluan yang harus dilakukan dengan sebaik-baiknya," pintanya. 

Dalam kegiatan manasik, jemaah diberi materi bimbingan meliputi Kebijakan Pemerintah tentang Perhajian, Kebijakan tentang Jamaah Haji Lansia, Panduan Perjalanan Haji, Manasik Haji, Bimbingan Kesehatan Haji, Hikmah Ibadah Haji, dan Praktek Pelaksanaan Ibadah Haji.

Pelaksanaan Manasik Haji didasarkan pada UU No 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji, Keputusan Presiden No 6 Tahun 2024 tentang Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1445 H yang bersumber dari biaya perjalanan haji dan nilai manfaat.

Kemudian, Peraturan Menteri Agama No 13 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji Reguler, dan Keputusan Direktur Jenderal Penyelenggara Ibadah Haji dan Umrah Kementerian Agama Republik Indonesia No 13 Tahun 2002 tentang Pedoman Pelaksanaan Bimbingan Jamaah Haji Reguler pada Kabupaten Kota dan Kecamatan.  (**) 

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Selama Libur Lebaran, 3,5 Juta Wisawatan dari ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Di ...


Jembatan Way Sabuk Bakal Dibongkar, Kendaraan ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Jembatan Way Sabuk di Jalan Lintas Tenga ...


Cegah DBD, Polres Tubaba Fogging di Lingkunga ...

MOMENTUM, Panaragan--Polres Tulangbawang Barat (Tubaba) mengerahk ...


Tubaba Bimtek Smart Village ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com