BI Maksimalkan Penggunaan QRIS di Lampung

Tanggal 08 Mei 2024 - Laporan Wawan - 246 Views
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung, Junanto Herdiawan saat membuka kegiatan Bank Indonesia Bersama Media (BBM) triwulan II 2024 dengan tema “Strategi Penguatan Permintaan Domestik di Tengah Ketidakpastian Global“, di Randu Resto Bandarlampung, Rabu (8-5-2024).

MOMENTUM, Bandarlampung--Kantor Perwakilan Bank Indonesia Lampung memaksimalkan penggunaan QRIS guna peningkatan pertumbuhan ekonomi di provinsi setempat. --QRIS adalah standar kode QR nasional yang diluncurkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia untuk mengintegrasikan seluruh metode pembayaran nontunai di Indonesia.

"Untuk menjaga stabilitas dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di tengah peningkatan ketidakpastian pasar keuangan global, Bank Indonesia terus memperkuat bauran kebijakan salah satunya adalah sistem pembayaran atau QRIS," kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung, Junanto Herdiawan saat membuka kegiatan Bank Indonesia Bersama Media (BBM) triwulan II 2024 dengan tema “Strategi Penguatan Permintaan Domestik di Tengah Ketidakpastian Global“, di Randu Resto Bandarlampung, Rabu (8-5-2024).

Menurut dia, demi mewujudkan itu Bank Indonesia terus mendorong pemanfaatan QRIS khususnya di berbagai bidang usaha. "Tidak hanya UMKM, usaha besar juga sudah mulai memanfaatkan sistem pembayaran nontunai tersebut," kata dia.

Selain itu itu juga, kata Junanto, pemanfaatan QRIS diharapkan dapat menekan angka peredaran uang palsu.

Untuk itu dalam kegiatan BBM, dia berharap, media dapat menjadi jembatan sehingga informasi-informasi positif terkait perkembangan ekonomi di Lampung dapat diterima oleh masyarakat luas. "Apalagi, saat ini banyak media-media sosial yang juga aktif menyebarkan informasi yang belum dapat dipastikan kebenarannya. Jadi dengan adanya pertemuan ini diharapkan rekan jurnalis dapat memberikan informasi yang resmi," kata dia.

Kepala Tim Implementasi Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah dan Manajemen Intern Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung, Arry Priyanto memaparkan, kebijakan dan inovasi QRIS diarahkan sebagai entry point ke ekosistem digital bagi UMKM untuk mendukung inklusi dan konektivitas.

Hal tersebut sesuai dengan hasil rapat dewan gubernur pada 24 April 2024 yakni kebijakan sistem pembayaran diarahkan untuk memperkuat keandalan infrastruktur dan struktur industri sistem pembayaran, serta memperluas akseptasi digitalisasi sistem pembayaran.

Lalu, penguatan literasi digital dan manajemen risiko penyelenggara dan masyarakat pengguna sistem pembayaran, termasuk berbagai inovasi yang mendukung inisiatif tersebut, guna memperkuat stabilitassistem pembayaran dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Sementara untuk pertumbuhan user pengguna QRIS hingga Maret 2024 di Provinsi Lampung tercatat 1.188 ribu yakni bertambah 14.312 atau tumbuh 3,43 persen (ytd) dibanding Desember 2023.

Sedangkan perkembangan nominal transaksi QRIS hingga periode Maret meningkat 168,3 persen dengan jumlah merchant mencapai 531 ribu per posisi 30 April 2024. "Jumlah itu bertambah 24.202 atau tumbuh 4,77 persen (ytd) dibanding Desember 2023," kata Arry.

Berdasarkan data Bank Indonesia, jumlah merchant QRIS terbanyak di Provinsi Lampung terpusat di Kota Bandar Lampung yakni sebesar 49%, diikuti oleh Lampung Tengah (10%), Lampung Selatan (9%), dan Kota Metro (6%).

Berdasarkan kategori UMKM, penerapan UMKM paling besar berada pada kategori UMKM mikro dengan pangsa sebesar 61% dikarenakan model bisnis pembayaranQRIS yang relatif mudah dan murah (dari segi penggunaan maupun pemeliharaan).(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Telkomsel Tawarkan Paket Internet Super Seru ...

MOMENTUM, Bandarlampung – Telkomsel menghadirkan paket Quota In ...


PT SBA Bantu Air Bersih untuk Warga Terdampak ...

MOMENTUM, Aceh – PT Solusi Bangun Andalas (SBA) mendistribusika ...


Foila Segera Tawarkan Proyek Investasi Terbar ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Forum Investasi Lampung (FOILA) perkuat ...


SBA Perkenalkan Praktik Tambang Berkelanjutan ...

MOMENTUM, Aceh -- PT Solusi Bangun Andalas (SBA) berkolaborasi de ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com