Distan Mesuji Buka Posyandu Ternak, Beri Vaksinasi Gratis Cegah PMK

Tanggal 23 Mei 2024 - Laporan Arifin. - 173 Views
Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji melakukan vaksinasi gratis untuk cegah PMK di Desa Gedungram, Kecamatan Tanjungraya. Foto. Arifin.

MOMENTUM, Mesuji -- Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Mesuji secara rutin melaksanakan posyandu ternak untuk mencegah timbulnya penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan peliharaan.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Mesujji, Darul Baferzon mengatakan, PMK merupakan penyakit menular rata-rata menyerang hewan ternak sapi. 

Beberapa gejala klinis yang terlihat, antara lain, lepuh yang berisi cairan atau luka yang terdapat pada lidah, gusi, hidung, dan teracak/kuku hewan yang terinfeksi.

"Untuk mencegah PMK kami rutin melaksanakan Posyandu ternak melakukan pemeriksaan kesehatan hewan, vaksinasi, inseminasi buatan, pemberian obat cacing dan vitamin  seminggu 3-4 kali ke desa-desa tujuh kecamatan," katanya, Rabu, 22 Mei 2024. 

Vaksin yang diberikan untuk hewan ternak, antara lain, vaksin Aftogen - Oleo merupakan bantuan Pemerintah Provinsi Lampung pada tahun 2024 sebanyak 3.000 vaksin. "Vaksinasi diberikan gratis. Kami sudah melakukan vaksinasi sejak Mei 2024. Lebih dari 300 ekor sapi telah diberivaksin dan akan rampung Juni mendatang," lanjutnya. 

Dia menghimbau kepada seluruh peternak dapat ikut berpartisipasi sesuai jadwal. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi petugas puskeswan yang ada di wilayah nya masing-masing, katanya. (**)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


DPRD Gelar Paripurna Peringatan HUT Ke-342 Ko ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ko ...


Dilantik Rabu, Staf Ahli Kemenpora Ditunjuk J ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Staf Ahli Kementerian Pemuda dan Olahrag ...


Pringsewu Gelar Peragaan Busana Khusus Lansia ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Lomba fashion show atau peragaan busana kh ...


Bulan Ini, Lampung Dapat Tambahan 596 Ribu Ta ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Provinsi Lampung mendapatkan tambahan ku ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com