Kerja Sama dengan Brebes, Metro Kembangkan Bawang Merah

Tanggal 03 Jun 2024 - Laporan Adipati Opie - Rio. - 495 Views
Kepala DKP3 Metro, Heri Wiratno.Foto. Rio.

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota (Pemkot) Metro saat ini sedang mengembangkan komoditas bawang merah. Lokasinya, di areal persawahan Kelurahan Margodadi, Metro Selatan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Peternakan (DKP3) Metro, Heri Wiratno mengatakan, penanaman bawang merah seluas satu hektare ini merupakan tindak lanjut kerja sama antar daerah (KAD) antara Pemkot Metro dan Kabupaten Brebes. 

"Kerja sama dengan Kabupatan Brebes itukan tindak-lajutnya, kita dapat bantuan bibit. Alhamdulillah, sudah panen. Kita juga dapat bantuan bibit bawang dari Bank Indonesia (BI) tapi belum ditanam karena menunggu masa dormansi," kata dia, Senin (3-6-2024). 

"Kemudian untuk dari pemkot sendiri kita sudah menanam bawang merah seluas satu hektare di areal sawah Kelurahan Margodadi. Untuk saat ini pertumbuhanya bagus dan nanti pada tanggal 2 Juni kita akan tanam lagi seluas seperempat hektare," imbuhnya. 

Dia menjelaskan, pengembangan komoditas bawang ini merupakan salah satu program Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin yang ingin agar kebutuhan bahan pokok utamanya bawang bisa tercukupi.

Sebab, selama ini kebutuhan bawang di Kota Metro sebagian besar berasal dari Kabupaten Brebes. Jika pasokan berkurang, maka akan terjadi kelangkaan bawang di Bumi Sai Wawai yang mengakibatkan harga melambung. 

"Melalui kerjasama ini semua ingin agar semua kebutuhan bahan pokok kita ini aman. Semua bahan pokok yang dibutuhkan oleh masyarakat bisa tersedia salah satu upayanya melalui kerja sama ini," paparnya. 

Apalagi, lanjut Heri, potensi pengembangan bawang merah di Kota Metro ini sangat baik. Dimana, dari beberapa kali penanaman bawang merah di Metro hasil panenya cukup bagus dan pemasaranya juga mudah. 

"Kalau untuk budidaya sangat menjanjikan, apalagi saat inikan harganya tinggi. Jadi bagus untuk dikembangkan," paparnya. 

Heri menambahkan, pemerintah juga sudah menyiapkan beberapa titik untuk penanaman bawang merah yakni di Kecamatan Metro Utara, Metro Selatan dan juga di Kecamatan Metro Pusat.(**)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Seleksi Lomba TTG Tingkat Nasional, Pringsewu ...

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintah Kabupaten Pringsewu mewakili Prov ...


Penjabat Bupati Tanggamus Panen Cabai Merah P ...

MOMENTUM, Gisting -- Penjabat Bupati Tanggamus, Mulyadi Irsan men ...


Lagi, Satu Jemaah Haji Meninggal di Arab Saud ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Satu jemaah haji asal Lampung meninggal ...


Warga Mesuji Abadikan Nama Sulpakar ...

MOMENTUM, Mesuji--Kinerja Sulpakar sebagai Penjabat Bupati Mesuji ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com