Pemkab Pandeglang dan Astra Financial Resmikan Pustu Pakuluran Terintegrasi Program ILP

Tanggal 05 Jun 2024 - Laporan Nurjanah/Rilis. - 472 Views
Direktur Astra Financial, Hugeng Gozali (kiri) kepada Kepala Dinas Kesehatan Kab. Pandeglang, Eniyati yang mewakili Irna Narulita selaku Bupati Pandeglang (tengah) dan Niken Wastu Palupi, selaku Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (kanan). Foto. Ist.

MOMENTUM, Pandeglang --  Puskesmas Pembantu (Pustu) Pakuluran, Kecamatan Koroncong, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, sudah terintegrasi dengan program Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer (ILP). 

Dari 60 Pustu di Pandeglang, Pustu Pakuluran merupakan Pustu pertama yang sudah terintegrasi dengan program terebut. Dua pustu lainnya sedang ditransformasi oleh Pemda Pandeglang.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Pandeglang, Eniyati yang mewakili Bupati Pandeglang, Irna Narulita, meresmikan program Primer ILP Pustu Pakuluran. Ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Kepala Dinas Kesehatan Pandeglang, Direktur Astra Financial Hugeng Gozali, dan Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan, Niken Wastu Palupi.

Kepala Dinas Kesehatan, Eniyati mengapresiasi Astra Financial yang menjadikan Pustu Pakuluran sebagai percontohan program Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer (ILP). Program ini bertujuan meningkatkan fasilitas dan layanan kesehatan untuk lebih dari 2.500 masyarakat. 

Pada kesempatan itu, Niken Wastu Palupi mengatakan, program ILP merupakan satu dari enam pilar transformasi layanan kesehatan di Indonesia. Harapannya, Pustu Pakuluran yang terintegrasi ILP di Pandeglang dapat menjadi contoh untuk menguatkan sinergi antar lembaga dalam menguatkan layanan kesehatan primer yang lebih baik.

Kemenkes tidak bisa bergerak sendiri dan membutuhkan dukungan sektor industri termasuk Astra  Financial dalam mengakselerasi program ini. 

Diatakan, program Corporate Social Responsibility (CSR) ini merupakan langkah Astra Financial dalam mewujudkan Aspirasi Keberlanjutan Astra 2030. Khususnya aspirasi kontribusi sosial yang memiliki empat pilar. Yaitu: kesehatan, pendidikan, lingkungan dan kewirausahaan. Program ini didukung delapan unit bisnis Astra Financial. Grup FIF, Astra Credit Companies (ACC), Toyota Astra Financial Services (TAF), Asuransi Astra, Astra Life, Komatsu Astra Finance (KAF), Surya Artha Nusantara Finance (SANF) dan Astra Ventura. 

Hugeng Gozali, Direktur Astra Financial mengatakan, Astra Financial berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi sosial, salah satunya dalam bidang kesehatan. Dengan adanya layanan kesehatan yang terintegrasi, harapannya dapat menjadi pusat pelayanan kesehatan untuk seluruh masyarakat di Desa Pakuluran beserta 3 desa lainnya di Kecamatan Koroncong. 

Program ILP merupakan pemenuhan kebutuhan kesehatan yang mudah diakses dan terjangkau berdasarkan siklus hidup yang mencakup Ibu hamil, bayi, balita, remaja, usia produktif hingga lansia.

Program ini dibagi menjadi 2 kegiatan, yaitu revitalisasi pustu yang diintegrasikan dengan layanan kesehatan dari 5 posyandu yang tersebar di Desa Pakuluran serta Pelatihan dan Pendampingan Kader Pelayanan Kesehatan.

Revitalisasi Pustu dilakukan untuk mengoptimalkan fasilitas kesehatan di Desa Pakuluran, yang mencakup renovasi bangunan puskesmas, penyerahan bantuan alat kesehatan serta sarana dan prasarana dasar seperti kasur pemeriksaan, lemari obat, dan sebagainya. (**)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Pj Gubernur: Sarana dan Prasarana Layanan Kes ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Memberikan layanan kesehatan, memerlukan ...


Peringati HUT ke-63, IKWI Lampung Gelar Disku ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke ...


Pemkab Pandeglang dan Astra Financial Resmika ...

MOMENTUM, Pandeglang --  Puskesmas Pembantu (Pustu) Pakulura ...


Pemkot Metro Fasiliasi Tiga Pasien Jalani Per ...

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota (Pemkot) Metro memfasilitasi tig ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com