Home Visit Pilihan PSGA dan DP3AKB Pesibar, Sembilan Kasus Gender Keluarga dan Anak Rampung

Tanggal 14 Jun 2024 - Laporan Wawan/rls - 128 Views
Home Visit Pilihan PSGA dan DP3AKB Pesibar, Sembilan Kasus Gender Keluarga dan Anak Rampung

MOMENTUM, Bandar Lampung--Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Pesisir Barat melakukan pendampingan pada 9 kasus gender keluarga dan anak.

Pendampingan dilakukan oleh tim berjumlah 13 orang. Terdiri dari 8 tim konselor dan psikolog UIN RIL, serta 5 orang dari Dinas P3AKB dan UPTD Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar). Mereka terbagi menjadi 3 kelompok untuk melakukan home visit ke 9 titik lokasi korban.

Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari, 8-10 Juni 2024, di tiga titik lokasi yakni wilayah Kecamatan Pesisir Tengah, Pesisir Utara, dan Pesisir Selatan.

Ketua PSGA UIN RIL Dr Hj Suslina Sanjaya MAg, mengatakan, pendampingan ini merupakan bentuk dari tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat.

“UIN Raden Intan Lampung peduli dan ambil bagian dalam menanggulangi dan mengantisipasi kasus kekerasan seksual pada perempuan dan anak. Serta, sebagai bentuk sosialisasi UIN di Kabupaten Pesibar,” ungkapnya via Whatsapp kepada Humas.

Lebih lanjut, Suslina menjelaskan pendampingan yang dilakukan berupa asesmen sekaligus mendalami kasus-kasus yang terjadi pada gender keluarga dan anak. Asesmen yang dilakukan menggunakan tes grafis dan DASS (Depression Anxiety Stress Scales) untuk mengukur tingkat tingkat depresi dan kecemasan.

“Kita lakukan asesmen dan juga melakukan pendalaman konseling individu dan keluarga,” tambahnya.

Suslina mengatakan, pihaknya dan tim akan melakukan FGD untuk menindaklanjuti kasus tersebut hingga pada titik akhir yaitu penyelesaian kasus serta evaluasi.

Pada kesempatan tersebut, PSGA UIN RIL juga bersepakat untuk saling berkolaborasi dalam membangun tri dharma perguruan tinggi dengan DP3AKB Pesisir Barat yang ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA).(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


IIB Darmajaya Miliki 21 Dosen Bergelar Doktor ...

MOMENTUM, Bandarlampung – Institut Informatika dan Bisnis (IIB) ...


30 Pelajar Pringsewu Ikut Lomba Saka Bhayangk ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Lomba Saka Bhayangkara 2024 Tingkat Polda ...


Keluarga Besar IBN Pringsewu Potong Hewan Kur ...

MOMEENTUM, Pringsewu -- Keluarga besar Perguruan Tinggi Institut ...


Kontribusi Pembayaran Terbesar 2023, UIN Rade ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com