Lapas Kotaagung Sembelih 12 Ekor Hewan Kurban, Tiga Ekor dari Warga Binaan

Tanggal 17 Jun 2024 - Laporan Galih - Asdijal. - 181 Views
Penyembilan hewan kurban di Lapas Kelas II B Kotaagung Tanggamus. Foto. Galih.

MOMENTUMM, Tanggamus--Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Kotaagung Kabupaten Tanggamus menggelar salat Iduladha 10 Dzulhijjah 1445 Hijriyah. Ibadah yang diikuti para narapidana itu berlangsung di Masjid At-Taubah di kompleks lapas setempat, Senin 17 Juni 2024.

Bertindak selaku imam dan khatib dalam pelaksanaan salat Iduladha, Ustaz Amrillah. Dihadiri Kepala Lapas Kelas II B Kotaagung, Andi Gunawan beserta para pejabat di lingkungan lapas, staf dan warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Salat Id berjamaah dimulai pukul 07.00 WIB. Ustaz Amrillah dalam khotbahnya menceritakan tentang kisah Nabi Ibrahim yang dengan ikhlas menjalankan perintah Allah SWT dan sabar atas ujian yang Allah berikan.

Usai salat berjamaah, dilanjutkan dengan bersalam-salaman dan sarapan bersama petugas dengan warga binaan. Dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban.

Kalapas Kotaagung, Andi Gunawan mengatakan, perayaan Iduladha 1445 Hijriah di Lapas Kotaagung tidak sekadar momen keagamaan yang harus dirayakan. Melainkan menjadi bagian program pembinaan kepribadian bagi seluruh warga binaan untuk meningkatkan keimanan ketakwaan kepada Allah SWT dan kepedulian terhadap sesama.

"Pelaksanaan kurban ini mengajarkan kita untuk ikhlas seperti kisah nabi Ibrahim AS. Mudah-mudahan bagi yang berkurban rezekinya dilancarkan, diterima amal kurbannya dan berkah," kata Andi.

Dikatakan Andi, pada tahun ini, Lapas Kota Agung menyembelih 12 ekor hewan kurban terdiri dari satu ekor sapi dan 11 ekor kambing.

Hewan kurban tersebut berasal dari mitra petugas, mitra kerja Lapas, dan tiga warga binaan Lapas Kotaagung.

"Ada banyak kebaikan dari Hari Raya Idul Adha ini, yaitu tumbuhnya rasa syukur dan termotivasi untuk berbagi kebahagiaan melalui pembagian daging kurban,"ujar Andi Gunawan.

Masih kata kalapas, bahwa di moment Idul Adha di Lingkungan Lapas Kotaagung berlangsung khidmat dan penuh haru.

"Ada yang sedih karena harus berlebaran jauh dari keluarga, ada juga yang bersukacita karena bisa berkurban. Khusus hari ini, kunjungan kita tiadakan, keluarga bisa membesuk lagi pada Selasa 18 Juni 2024,"pungkas Andi Gunawan.

Ditambahkan Kasi Binadik dan Giatja, Ardeli bahwa dalam penyembelihan hewan kurban melibatkan 50 orang terdiri dari petugas lapas dan dibantu warga binaan.

"Daging kurban dibagikan ke petugas lapas dan warga sekitar lapas. Untuk warga binaan dimasak dulu didapur, jadi untuk tambahan lauk mereka. Kalau untuk warga sekitar lapas ada 30 kupon kita siapkan,"ujar Ardeli. (**)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Gandeng Jasa Raharja dan Dinkes, Polres Pring ...

MOMENTUM, Pringsewu--Satuan Lalu Lintas Polres Pringsewu bekerjas ...


Lokabhara IV, Saka Bhayangkara Polres Metro J ...

MOMENTUM, Metro--Saka Bhayangkara Polres Metro berhasil meraih ju ...


Pemilihan Ketua PWI Pesawaran Diprediksi Dua ...

MOMENTUM, Gedongtataan-- Pemilihan Ketua Persatuan Wartawan Indon ...


PTPN IV Regional V Potong 93 Ekor Hewan Kurba ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Badan Dakwah Hari Besar Islam (BDHBI) ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com