Wujudkan Tata Kelola Remunerasi, UIN RIL Perbarui Aplikasi

Tanggal 24 Jun 2024 - Laporan Wawan/rls - 198 Views
Sosialisasi aplikasi remunerasi terbaru kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL), Kamis (20-06-2024).

MOMENTUM, Bandar Lampung--Dalam rangka mewujudkan tata kelola remunerasi yang baik dan akuntabel, Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) mengadakan sosialisasi aplikasi remunerasi terbaru, Kamis (20-06-2024).

Bertempat di Ballroom kampus setempat, acara ini dihadiri oleh seluruh dosen dan tenaga kependidikan (tendik) yang terbagi ke dalam dua sesi pelaksanaan.

UIN Raden Intan Lampung merupakan salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) yang berstatus Badan Layanan Umum (BLU). Sebagai BLU, UIN memiliki kewenangan untuk mengelola keuangannya secara mandiri dengan berorientasi pada efisiensi dan efektivitas.

Rektor Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD dalam sambutannya menyampaikan, remunerasi merupakan bentuk apresiasi terhadap kerja keras dan prestasi dosen dan tenaga kependidikan. 

“Salah satu upaya UIN RIL untuk meningkatkan kinerja dan efisiensi adalah dengan menerapkan sistem remunerasi. Remunerasi adalah sistem penggajian yang menghubungkan gaji dan tunjangan pegawai dengan kinerjanya. Hal ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada pegawai agar meningkatkan kinerjanya dan memberikan kontribusi yang lebih baik bagi institusi,” ujar Rektor.

Ia berharap dengan adanya aplikasi remunerasi yang baru ini, proses perhitungan dan penyaluran remunerasi menjadi lebih efektif dan efisien.

Rektor juga mendorong sivitas akademika untuk meningkatkan kinerja dan prestasinya hingga kancah internasional. Ia mencontohkan beberapa dosen dan tendik yang telah menunjukkan kinerja dan prestasinya, salah satu dosen UIN Raden Intan yang terpilih menjadi examiner di salah satu kampus terbaik peringkat 60 dunia, Universitas Malaya, Malaysia.

“Dibutuhkan keseriusan dan diiringi motivasi agar unjuk kinerja kita menjadi lebih baik lagi di masa depan sesuai dengan tagline UIN Raden Intan Lampung yang bertumbuh mendunia,” ucap Rektor.

Wakil Rektor II yang diwakili Sekretaris Tim Remunerasi, Dr Muhammad Afif Amrulloh MPdI dalam laporannya mengatakan, tata kelola remunerasi di UIN Raden Intan Lampung diharapkan menjadi lebih baik dan akuntabel, sehingga dapat meningkatkan kinerja pegawai dan memberikan kontribusi yang lebih baik bagi institusi.

Ia menyampaikan, sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada dosen dan tenaga kependidikan tentang cara penggunaan aplikasi remunerasi yang disampaikan oleh tim remunerasi UIN RIL.

Adapun aplikasi remunerasi ini memberikan beberapa manfaat, antara lain, Mempermudah proses perhitungan remunerasi, Meningkatkan akurasi perhitungan remunerasi, Mempercepat proses penyaluran remunerasi, Meningkatkan transparansi dalam proses remunerasi, dan Meningkatkan motivasi pegawai.

Selain memberikan sosialisasi, Tim Remunerasi UIN RIL juga melakukan simulasi cara kerja aplikasi. Di dalamnya, terdapat menu Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) remun yang meliputi rencana kerja yang harus diverifikasi, setelah itu capaiannya divalidasi oleh pimpinannya. Hingga Laporan Kinerja Capaian periodik yang dapat dipantau dengan baik.(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Monev KKN Melayu Serumpun di Aceh, WR II UIN ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Wakil Rektor (WR) II Dr Safari Daud MSi ...


Pastikan Kualitas Layanan, UIN RIL Latih 25 C ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


KKN Siger Berjaya, Mahasiswa Sosialisasikan S ...

MOMENTUM, Limau--Mahasiswa KKN Siger Berjaya Kelompok 38 yang ter ...


KKN Siger Berjaya, Mahasiswa Kelompok 38 Inov ...

MOMENTUM, Limau, Tanggamus--Dalam rangka mencegah stunting di Kab ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com