Disdikbud Metro Gencarkan Program Ayo Sekolah

Tanggal 01 Jul 2024 - Laporan Rio - 296 Views
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Metro Suwandi

MOMENTUM, Metro--Ayo Sekolah menjadi salah satu program unggulan Pemerintah Kota Metro untuk meningkatkan partisipasi pendidikan pada generasi usia sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Metro Suwandi mengatakan, program Ayo Sekolah menyasar anak jenjang pendidikan usia dini. 

"Program Ayo Sekolah ini merupakan besutan Bunda PAUD. Tujuanya  untuk meningkatkan partisipasi pendidikan pada anak di jejang PAUD," kata Suwandi, Senin (1-7-2024).

Dasar pelaksanaan program Ayo Sekolah adalah data Indikator Kinerja Utama (IKU) di Kota Metro yang masih menyentuh 72 persen. 

"Capaian IKU di Metro 72 persen. Memang itu sudah lebih tinggi di atas rata-rata nasional yang hanya 54 persen. Kita ingin capaian IKU tersebut bisa terus ditingkatkan, karena masih banyak anak usia dini yang belum mengenyam jenjang pendidikan," terangnya. 

Agar program Ayo Sekolah tepat sasaran, Disdikbud Kota Metro berkolaborasi dengan beberapa dinas terkait untuk melakukan pendataan.

"Tahun sebelumnya program Kartu Metro Ceria sudah berjalan di jenjang SD dan SMP. Tahun ini kita maksimalkan untuk jenjang PAUD lewat program Ayo Sekolah," jelasnya.

Realisasi program Kartu Metro Ceria sudah mencapai 2.200 anak. Mulai dari SD dan SMP . 

"Saat ini kami sedang lakukan verifikasi berkas, supaya penerima program Kartu Metro Ceria tidak tumpang tindih dengan Program Indonesia Pintar (PIP). Jadi, mereka benar-benar mendapatkan manfaat," tegasnya. (**)

Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


Perdana, Lampung Ekspor 52 Getah Damar ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Provinsi Lampung melakukan ekspor getah ...


DPRD Mesuji Setujui Raperda Pertanggungjawaba ...

MOMENTUM, Mesuji--DPRD Kabupaten Mesuji menggelar rapat paripuran ...


Sekretariat DPRD Mesuji Rampungkan Persiapan, ...

MOMENTUM, Mesuji--Sekretariat DPRD Kabupaten Mesuji memastikan pe ...


Usulan IJD Belum Ada Kepastian, Pj Gubernur: ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung me ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com