Tiga Petahana Kada dapat Surat Tugas Partai Banteng Lampung

Tanggal 08 Jul 2024 - Laporan Ikhsan Ferdiyanto - 262 Views
Ketua Bapilu DPD PDIP Lampung, Umar Ahmad. Foto: Ikhsan

MOMENTUM, Bandarlampung--Tiga petahana kepala daerah mendapatkan surat tugas terkait dengan pencalonan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 dari DPP PDI Perjuangan.

Tiga petahana itu yakni, mantan Bupati Tanggamus Dewi Handajani, kemudian mantan Bupati Tulangbawang Winarti, lalu Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto.

Ketua Bapilu DPD PDI Perjuangan Lampung Umar Ahmad mengatakan, surat tugas itu keluar setelah DPP PDI Perjuangan melakukan evaluasi kepada nama-nama tersebut.

"Mereka dianggap layak untuk dipersembahkan kembali untuk bekerja maksimal membangun Lampung Selatan, Tanggamus, dan Tulangbawang dengan segala kelebihan dan kekurangan mereka layak untuk dicalonkan kembali," kata Umar, Senin, (8-7-2024).

Surat tugas itu untuk memerintahkan kepada nama yang menerima tugas agar melakukan konsolidasi di internal partai.

"Dalam perjalanan mereka memang butuh wakil, makanya mereka juga dimintai komunikasi dengan partai politik," ujarnya.

Dengan tugas itu, kata Umar, mereka diberikan waktu selama dua pekan untuk mencari pendamping atau wakilnya. Selanjutnya wajib dilaporkan secara berkala ke DPD dan akan diteruskan ke DPP partai.

"Mereka diberikan tenggat waktu sampai dengan dua minggu. Itu akan kita laporkan secara berkala kepada DPP PDI Perjuangan untuk mendapatkan rekomendasi setelah mereka mempertimbangkan dan menampung semua hasil dari diskusi dengan partai lain," jelasnya.

Yang menjadi dasar, jelas Umar, bahwa kebersamaan membangun daerah adalah kata kunci majunya suatu daerah, oleh karena itu dengan semua partai akan dilakukan komunikasi.

"Baru setelah rekomendasi itu, kita masuk ditahapan bagaimana rekomendasi itu bisa menjadi calon bupati," tutupnya.

Sementara, Ketua DPC Tulangbawang Winarti mengatakan, atas surat tugas itu dia akan siap melakukan koordinasi dan konsolidasi partai.

"Konsolidasi untuk memperkuat dan mempersiapkan kemenangan. Setelah ini kita konsolidasi dengan teman-teman tokoh di Tulangbawang karena memang kita gak bisa menang sendiri maka harus bersama-sama. Bunda harus siap di tugaskan kemanapun sepanjang itu bermanfaat," bebernya.

Untuk sosok wakil kata Winarti, sedang dalam proses komunikasi lebih lanjut untuk segera ditetapkan oleh DPP PDI Perjuangan.

"Wakil sedang dalam proses, nanti akan ditetapkan oleh DPP PDI Perjuangan dengan waktu yang tidak terlalu lama. Kita belum berani menginformasikan sebelum ditetapkan oleh DPP PDI Perjuangan," pungkasnya.

Petahana Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto, juga mendapatkan surat tugas dari DPP PDIP ihwal pencalonannya kembali di kabupaten berjuluk khagom mufakat.

Penerimaan surat tersebut diserahkan oleh Ketua DPD PDIP Lampung Sudin kepada Syahirul Alim Sekretaris PDIP Lampung Selatan, di Bandarlampung, Senin (8-7).

Berdasarkan keterangan Syahirul, bertepatan pada hari ini Nanang Ermanto sedang berada di Jakarta.

"Hari ini Pak Nanang sedang di JCC Jakarta ada acara BPK dengan Pak Presiden," kata Syahirul, sembari memamerkan kertas putih bertuliskan surat tugas itu.

Dia menyampaikan, point dalam penugasan itu Nanang Ermanto diminta mencari bakal calon wakil yang akan mendampinginya.

Kemudian, Nanang juga ditugaskan untuk berkomunikasi dan membentuk koalisi dengan partai politik lain.

"Juga ditugaskan untuk berkoordinasi dan konsolidasi dengan partai internal dibawah," ujarnya.

Syahirul menuturkan, Nanang Ermanto juga telah menerima surat tugas dari Partai Demokrat.

"Demokrat juga sudah memberi surat tugas. Saat ini sedang melakukan penjajakan dengan PKB. Kalau penjaringan yang diikuti itu ada di PDIP sendiri, Nasdem, Demokrat dan PAN," tuturnya.

Menurutnya, mengenai sosok wakil hingga hari ini belum terlihat.

"Wakil belum, masih cari-cari. Kita juga ga tau barangkali ada partai lain yang sudah menyodorkan," jelasnya.

Terakhir, dia menjelaskan terkait pencalonan Nanang yang sempat dilanda gundah gulana soal masa jabatan, saat ini telah clear.

"Itu sudah clear. Ini buktinya PKPU itu keluar surat tugas juga langsung keluar. DPP sudah menilai. Kalau rekom tunggu hasil koalisi," kata dia.

Sementara Petahana Bupati Tanggamus, Dewi Handajani belum mau dimintai tanggapanya pasca mendapatkan surat tugas, ia langsung bergegas kedalam mobilnya saat dihampiri awak media.

Sebagai informasi, petahana Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus telah lebih dulu menerima surat tugas semacam itu. 

Sedangkan, satu petahana hingga saat ini belum menerima surat sakti tersebut. Dia adalah Eva Dwiana Walikota Bandarlampung. Namun DPD PDIP mengaku pada pleno yang telah digelar, pihaknya telah mengusulkan kembali nama Eva Dwiana. Tinggal bagaimana keputusan DPP partai. (**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Win-Nata Sepakat Deklarasi Pilkada Damai ...

MOMENTUM, Banjaragung--Calon Bupati dan Wakil Bupati Tulangbawang ...


Calon Komisioner KPU 15 Kabupaten kota Se-Lam ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Tim seleksi calon komisioner KPU di lima ...


Edi Novial Kembali Jabat Ketua DPRD Lampung B ...

MOMENTUM, Liwa -- Politikus senior Partai Demokrasi Indonesia Per ...


Meski Hanya Calon Tunggal, KPU Lambar akan Ge ...

MOMENTUM, Liwa -- Meski hanya ada calon tunggal di Pemilihan Kepa ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com