UIN RIL Tandatangani Kerjasama Program Bright Scholarship YBM BRILiaN

Tanggal 24 Jul 2024 - Laporan Wawan/rls - 341 Views
Pertemuan antara pihak Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) dengan Yayasan Baitul Maal (YBM) BRILiaN guna kuatkan kerjasama.

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) kuatkan kerjasama dengan Yayasan Baitul Maal (YBM) BRILiaN untuk membangun generasi muda yang cerdas dan berakhlak mulia melalui Program Bright Scholarship dan pembinaan mahasiswa. 

Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) oleh Wakil Rektor III Prof Dr H Idrus Ruslan MAg dengan  Wakil Ketua YBM Brilian Regional Office (RO) Lampung, Akbar Widyatama.

Yayasan Baitul Maal BRILiaN merupakan lembaga filantropi Islam pengelola dana Zakat, Infak, Sedekah,dan Wakaf yang dilaksanakan secara profesional sesuai aturan dan ketentuan dalam syariat islam.

Dalam sambutannya, Prof Idrus mengungkapkan terima kasih kepada YBM BRILiaN atas kepercayaan dan komitmennya yang sudah terjalin selama ini dalam memberikan beasiswa kepada mahasiswa UIN Raden Intan. 

Ia menilai, beasiswa ini merupakan kontribusi yang luar biasa dan bentuk kepedulian YBM BRILiaN dalam mencerdaskan bangsa dan membangun generasi penerus bangsa yang berkualitas.

“Mahasiswa adalah calon pemimpin bangsa di masa depan. Oleh karena itu, mereka harus dibina dan diarahkan dengan baik agar menjadi pemimpin yang berkarakter dan berakhlak mulia,” ujar Prof. Idrus.

Lebih lanjut, Prof Idrus berharap kerjasama ini tidak hanya di atas kertas, tetapi juga diimplementasikan dalam berbagai program konkrit, seperti pembinaan mahasiswa, pemanfaatan fasilitas kampus, dan program-program lainnya yang bermanfaat bagi mahasiswa.

Wakil Ketua YBM Brilian Regional Office (RO) Bandar Lampung, Akbar Widyatama, dalam sambutannya mengatakan bahwa YBM BRILiaN berkomitmen untuk meningkatkan kualitas hidup dan mobilitas vertikal keluarga dhuafa melalui serangkaian program pendidikan inklusif, pemberdayaan ekonomi, serta program sosial kemanusiaan, sehingga terwujud masyarakat berdaya.

“BRILiaN  membangun pemimpin masa depan yang berkarakter, berdaya saing, dan mengaplikasikan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Akbar.

Akbar menyampaikan, saat ini, Program Bright Scholarship sudah terdapat 9 angkatan, dengan jumlah 35 unit kampus di seluruh Indonesia, salah satunya yakni Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Total penyaluran selama tahun 2023 untuk awardee unit kampus Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung sebagai mitra YBM BRILiaN Regional Office Bandar Lampung yakni sebesar 715 juta rupiah. Sedangkan pada 2024 yang masih berjalan saat ini sebesar 554 juta rupiah, ujarnya.

Akbar berharap, kerjasama antara UIN dengan YBM BRILiaN akan semakin erat dan terus berkolaborasi dalam penyaluran dana zakat kepada mahasiswa.

BRILiaN Bright Scholarship, merupakan beasiswa yang diperuntukan bagi mahasiswa jenjang sarjana (S1) di PTN terpilih berupa bantuan biaya kuliah dan uang bulanan. Awardee juga dibekali pembinaan yang komprehensif secara berkala, terencana, dan terarah guna membentuk pemimpin masa depan yang berkarakter, berdaya saing, dan mengaplikasikan nilai lslam dalam kehidupan.

Hadir dalam penandatanganan kerja sama ini, Wakil Dekan III lingkungan UIN, Kepala Bagian Akademik, Koordinator Humas dan Kerjasama UIN RIL. Sedangkan dari YBM, Akbar turut didampingi Sie Bidang Sosial Ekonomi Syahrial Dinata, Supervisor Regional Amir Mudaris, dan Fasilitator Pendidikan Irkham Bariklana, serta dua perwakilan awardee mahasiswa UIN RIL.(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Turunkan Stunting, Kodim 0426 Tulangbawang Ge ...

MOMENTUM, Banjaragung--Kodim 0426 Tulangbawang melaksanakan progr ...


UBL Jalin Kerja Sama Jaringan SDGs Indonesia- ...

MOMENTUM, Bandarlampung – Universitas Bandar Lampung (UBL) mene ...


Terlibat Penelitian di Bulan, UBL Satu Satuny ...

MOMENTUM, Anhui, Cina - Universitas Bandar Lampung (UBL) terus me ...


Pj Bupati Hadiri Penilaian Lomba Sekolah Seha ...

MOMENTUM, Kotabumi--Penjabat Bupati Lampung Utara, Aswarodi mengh ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com