Perekaman Data e-KTP di Tanggamus Baru 83 Persen

Tanggal 18 Des 2017 - Laporan - 1029 Views
Foto: ilustrasi e- KTP./Net.

Harianmomentum.com--Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tanggamus terus berupaya mengejar target perekaman data Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP). 

 

Upaya tersebut  dilakukan melalui  sistem jemput bola dengan langsung mendatangi warga untuk melakukan perekaman data.

 

Kepala Disdukcapil Tanggamus Syarif Husin mengatakan, saat ini penduduk wajib KTP yang sudah melakukan perekaman data e- KTP mencapai 369 ribu jiwa atau mencapai 83 persen. Saat ini, lanjut dia, jumlah penduduk wajib KTP di Tanggamus mencapai  443.874 jiwa dan yang belum melakukan perekaman data e-KTP mencapai 74.874 jiwa.

 

"Angka tersebut tergolong tinggi. Kami kejar terus sampai semaksimal mungkin. Sekarang KUPT di tiap kecamatan, dan operator dari dinas terus melakukan perekaman data, keliling jemput bola," kata Syarif pada harianmomentum.com, Senin (18/12).

 

Dia mengungkap, persentase perekaman data e- KTP terendah ada di tiga kecamatan: Bandarnegeri Semuong, Kelumbayan dan Kecamatan Bulok.

 

Di Kecamatan Bandarnegeri Semuong dari 13.878  jiwa wajib KTP baru 9.389  jiwa yang telah melakukan perekaman data e –KTP. Kemudian di Kecamatan Kelumbayan dari 8.895 jiwa baru 6.345 jiwa yang melakukan perekaman data e- KTP. Selanjutnya di Kecamatan Bulok  dari 17.138  jiwa, baru 12.211 jiwda yang telah merekam data e-KTP.

 

"Penyebab rendahnya perekaman data e-KTP di tiga kecamatan itu, karena jumlah penduduknya banyak, wilayahnya luas dengan kondisi akses  infrastruktur yang  sulit. Ditambah masih banyak warga yang merantau, maka tidak bisa melakukan  perekaman data," terangnya.

 

Syarif mengaku, tidak berani  menarget perekaman data e-KTP mencapaii 100 persen hingga akhir tahun 2017. 

 

“Kita  realistis saja dengan kondisi yang ada. Kalau mencapai seratus persen mungkin sulit, tapi kita tetap berupaya maksimal,” ungkapnya.

 

Selain itu, pihanya juga akan berkonsultasi ke Kementerian Dalam Negeri untuk melaporkan perkembangan pencapaian perekaman data e-KT P di Kabupaten Tanggamus.

Dia menambahkan, saat ini masih ada tiga ribu dari enam ribu blangko e- KTP yang siap dicetak. (day/zal)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


TMMD Lambar, Pelajar SMP Diberi Pemahaman Waw ...

MOMENTUM, Airhitam--Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negar ...


Yansos Jejama Salurkan Bantuan untuk Penyanda ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Penyandang disabilitas warga Kecamatan Gad ...


Danpuspom AD Mayjen Eka Wijaya Tinjau Proges ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Komandan Pusat Polisi Militer (Danpuspom) ...


Pj Bupati Lambar Buka TMMD ke 120 ...

MOMENTUM, Airhitam--Penjabar Bupati Lampung Barat (Lambar) Nukman ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com