Dinkes Mesuji Imbau Masyarakat Gunakan Masker

Tanggal 04 Sep 2024 - Laporan Arifin. - 243 Views
Kadis Dinkes Mesuji Kusnandarsah didampingi jajaran Polsek Tanjungraya saat membagikan masker kepada pengguna jalan. Foto. Arifin.

MOMENTUM, Mesuji--Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji mengimbau masyarakat menggunakan masker untuk mencegah penyakit yang muncul akibat dampak musim kemarau. 

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kabupaten Mesuji, Kusnandarsah mengatakan, penggunaan masker perlu dilakuan masyarakat, terutama saat polusi udara tinggi.

Masyarakat juga diminta melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat. "Segera konsultasi dengan tenaga kesehatan jika muncul keluhan pernapasan," kata Kusnandarsah, Selasa, 3 September 2024.

Melalui Surat Edaran tentang Antisipasi Penyakit Dampak Kemarau di Kabupaten Mesuji, dia juga meminta puskesmas untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Mengedukasi tentang dampak polusi udara dan upaya mengurangi bahaya polusi dengan menerapkan Protokol Kesehatan 6M + 1S.

Yaitu, melaksanakan pemantauan kualitas udara dan melaporkan melalui system Kewaspadaan dini dan Respon (SKDR). Mengurangi aktivitas luar ruangan dan menutup ventilasi rumah /kantor/sekolah/ tempat umum saat polusi udara tinggi. Menggunakan penjernih udara dalam ruangan. Menghindari sumber polusi dan asap rokok. Menggunakan masker saat polusi udara tinggi. Melaksanakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Segera konsultasi daring / luring dengan tenaga kesehatan jika muncul keluhan pernapasan.

Selain itu, kata dia, mengedukasi masyarakat melalui kampanye di berbagai media terkait dampak polusi udara terhadap kesehatan, cara penggunaan masker, cara mencuci tangan dengan benar.

Mengedukasi masyarakat terkait pemanfaatan air yang layak dan aman untuk di konsumsi agar mencegah terjadinya gangguan penyakit saluran pencernaan;

Melakukan pendataan penyakit pernapasan, non pernapasan dan pencernaan terkait dampak kemarau.

Penanganan kasus berupa tatalaksana komprehensif di Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fayankes). Dan membagikan Masker jika diperlukan.

"Kegiatan ini mulai berjalan, kami bersama jajaran Dinkes dan Polres Mesuji membagikan masker kepada masyarakat yang melintas untuk mengantisipasi dan mengurangi dampak penyakit di musim kemarau", katanya. (**)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Dinkes Mesuji Imbau Masyarakat Gunakan Masker ...

MOMENTUM, Mesuji--Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji mengimbau masy ...


Dinkes Pringsewu Evaluasi Jejaring Skrining L ...

MOMENTUM, Pringsewu--Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pringsewu ...


Pemerintah Tarik 5.805 Unit Alkes Berbahan Me ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Pemerintah menarik alat kesehatan (alk ...


LBH KIS: Pasien Klinik Kecantikan Alena Alami ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Beredarnya informasi di masyarakat dan m ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com