Marga Unyi Gunungsugih Beri Gelar Adat kepada Ardito Wijaya

Tanggal 08 Sep 2024 - Laporan Agus Setiawan - 188 Views
Proses pemberian gelar adat Marga Unyi Gunungsugih kepada Ardito Wijaya. Foto. Agus Setiawan.

MOMENTUM, Gunungsugih--Marga Unyi Gunungsugih, Lampung Tengah memberikan gelar adat, Pengiran Ratu Wijaya kepada Wakil Bupati Lampung Tengah, Ardito Wijaya.

Penganugerahan gelar adat terebut berlangsung di rumah adat Marga Unyi Gunungsugih, Sabtu 8 September 2024. Disaksikan seluruh penyimbang adat dan masyarakat Kelurahan Gunungsugih.

Ardito Wijaya yang juga bakal calon Bupati Lampung Tengah, disambut meriah oleh tokoh adat Marga Unyi Gunungsugih dan masyarakat setempat.

Dengan gelar adat tersebut,  Ardito Wijaya menjadi putra atau tokoh adat di Marga Unyi Gunungsugih. 

"Dengan pemberian gelar adat kepada Ardito Wijaya maka beliau telah resmi menjadi saudara kami. Dengan begitu, kami akan selalu ada untuk beliau baik dalam keadaan suka maupun duka," kata Ketua Adat Marga Unyi Gunungsugih Muhtaridi Putra Negara gelar adat Pengiran Ratu Negara.

"Terlebih di Pilkada ini, kami kompak dan satu suara yaitu siap mendukung, memenangkan dan mengantarkan Ardito Wijaya menjadi Bupati Lampung Tengah," ujarnya.

Muhtaridi berharap Ardito Wijaya diberikan kemudahan dan kelancaran dalam Pilkada Lampung Tengah ini. "Semoga Ardito Wijaya diberikan kemudahan dan kelancaran di Pilkada Lampung Tengah ini. Terakhir; kami berharap beliau menjadi bupati di kabupaten ini;" harapnya.

Sementara itu, Ardito Wijaya mengatakan bahwa adat Lampung ini sangat luar biasa. Rasa kekeluargaan dan kekompakan dapat dirasakan.

"Adat Lampung ini sangat luar biasa. Terlebih, pedoman hidup atau piil pesengiri yang dipegang oleh orang Lampung sangat perlu diterapkan dalam hidup bersosialisasi ditengah masyarakat," ungkapnya.

Terkait dukungan dari seluruh tokoh Adat Marga Unyi Gunungsugih, lanjut Ardito, bahwa sejatinya acara ini merupakan prosesi pemberian gelar adat Lampung di Marga Unyi Gunungsugih. 

"Sejatinya ini murni acara adat untuk pemberian gelar adat kepada saya. Dimana ayah saya H Ahmad Pairin sangat dekat dengan keluarga besar di Marga Unyi Gunungsugih dan disini kami bersama keluarga besar ingin terus menjaga rasa kekerabatan," kata Ardito.

"Oleh karena itu, dengan bersilaturahmi dan duduk bersama ini saya berharap rasa kekeluargaan ini akan terus terjaga sampai ke anak cucu nanti," katanya. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Deklarasikan Dukungan ke Mirza-Jihan, Pemuda ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) Pe ...


Kotak Kosong Menang, Pilkada Bakal Diulang Ta ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mencatat ...


Pilkada di Dua Kabupaten Bakal Lawan Kotak Ko ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang b ...


Doa Bersama Jelang Pilkada, Nukman Ajak Masya ...

MOMENTUM, Liwa--Pj. Bupati Lampung Barat (Lambar) Nukman mengajak ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com