Mahasiswa Asing dari Berbagai Negara Kenalan di PKKMB Darmajaya

Tanggal 20 Sep 2024 - Laporan Nurjanah/Rilis. - 67 Views
Sejumlah mahasiswa dari sejumlah negara mengikuti PKKMB) IIB Darmajaya. Foto. Ist.

MOMENTUM, Bandarlampung--Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) IIB Darmajaya tahun ini membawa warna berbeda dengan kehadiran mahasiswa asing dari berbagai belahan dunia. 

Pada Kamis, 19 September 2024, lapangan futsal kampus IIB Darmajaya dipenuhi nuansa internasional saat mahasiswa baru dari Mesir, Chad, Madagaskar, dan Zimbabwe memperkenalkan diri.

Diantaranya, Hasheem Ibrahim Mandour dari Mesir kini studi di Program Studi Teknik Informatika, sedangkan Roufai Seidou dari Chad memulai studi di Program Studi Sistem Informasi. Keduanya akan menjalani masa studi selama empat tahun di IIB Darmajaya.

Selain mereka, tiga mahasiswa asal Madagaskar—Rakotosoa Raoelinalahatra Leoncia, Ramizaharisoanirina Olivah Kelvine, dan Rakotonindrina Haingotiana Tsilavina—serta Lenward Mapinde dari Zimbabwe juga memilih IIB Darmajaya melalui program Beasiswa Darmasiswa Kemdikbudristek RI. Mereka akan belajar Bahasa Indonesia selama 10 bulan dan juga akan belajar di program studi sistem komputer dan sains data selama dua semester.

Kepala UPT International Office IIB Darmajaya, Rahmalia Syahputri, mengungkapkan bahwa kehadiran mahasiswa asing ini merupakan bagian dari upaya IIB Darmajaya untuk memperkuat posisinya sebagai kampus internasional.

Di sisi lain, IIB Darmajaya juga berkomitmen untuk mengirimkan mahasiswa lokal ke luar negeri. Tahun ini, Binuri Taufiqi dan Calvin Valenthio, mahasiswa Program Studi Teknik Informatika, berkesempatan mengikuti program pertukaran di Nantong Vocational University (NTVU) di Tiongkok selama satu semester.

"Melalui program-program global seperti student mobility dan joint degree, kami memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memperluas wawasan akademik mereka dan mendapatkan pengalaman internasional yang berharga," jelas Rahmalia.

IIB Darmajaya, sebagai kampus internasional, terus memperluas jaringannya dengan berbagai universitas di seluruh dunia, termasuk Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, Tiongkok, Madagaskar, Afganistan, Rusia, Perancis, Inggris, Turki, Kanada, dan banyak lagi. (**)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Mahasiswa Asing dari Berbagai Negara Kenalan ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasis ...


UIN Raden Intan Lampung dan Yarmouk Universit ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


Forum MKKS Provinsi Lampung Gelar Muswil Keti ...

MOMENTUM, Pringsewu--Forum Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) ...


Pramuka Tubaba Ikuti Kemah Wirakarya 2024 ...

MOMENTUM, Panaragan--Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramu ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com