10 Calo Samsat Jakarta Timur Diamankan, Ngaku Cuma Jual Koran

Tanggal 06 Apr 2017 - Laporan - 1279 Views
Calo Samsat diamankan polisi. Foto: RMOL.CO

Harianmomentum--Praktik calo masih menjamur di kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Jakarta Timur (Jaktim).

Terbukti, sepuluh calo yang tengah beroperasi diringkus aparat kepolisian saat sedang menjalankan rutinitasnya.

"Hasil operasi bersih calo hari ini, kami amankan 10 orang," kata Perwira Pengendali Samsat Jakarta Timur Inspektur Dua, Kuwat, kepada wartawan di Samsat Jaktim, Kamis (6/4).

Saat diamankan, kata Kuwat, para calo itu sempat berkilah telah menjalankan praktek percaloan. Beberapa di antaranya mengaku hanya jual minuman, jual koran, dan mengaku sebagai biro jasa.

Namun, saat diinterogasi dan diperiksa petugas, para calo tersebut tidak dapat mengelak. Apalagi, ditemukan sejumlah barang bukti berupa beberapa surat menyurat terkait aktifitas yang dilakukan.

"Ada beberapa barang bukti yang kita temukan. Berkas-berkas pengunjung kantor samsat yang sedang mengurus surat kendaraan. Tidak terlihat uang tunai," papar Kuwat, dikutip RMOL.CO.

Sepuluh calo yang diamankan tersebut, lanjutnya, akan didata dan difoto. Mereka juga akan diminta membuat surat pernyataan di atas materai untuk tidak mengulangi lagi perbuatannya. 

Terkait dugaan keterlibatan orang dalam dalam aktifitas percaloan itu, Kuwat mengatakan, pihaknya masih mendalaminya. 

"Sampai saat ini, (keterlibatan) orang dalam belum ada. Masih kami dalami. Kalau ada (orang dalam terlibat) akan kita beri sanksi," tegas Kuwat. 

Operasi bersih calo tersebut, masih akan berlanjut tanpa batas waktu. Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya meminta agar kualitas pelayanan publik ditingkatkan. Presiden tidak ingin rakyat mengeluh tentang pelayanan yang lamban, berbelit-belit, dan diwarnai pungutan liar (pungli). 

Mulai dari pelayanan KTP elektronik, SIM, STNK, BPKB, akta lahir, akta nikah, izin usaha, hingga pengurusan paspor.

"Ini kegiatan (razia) rutin. Sesuai program pemerintah pusat tentang pelayanan publik. Tidak boleh ada calo. Selanjutnya, kita bentuk timsus yang akan piket patroli," pungkasnya. (Red)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Polres Tangkap Preman Penanganiaya Sopir Asal ...

MOMENTUM, Gunungsugih--Dua preman inisial BTS (29) dan IAF (28) y ...


Pencuri 32 Gram Kalung Emas Diringkus Tekab S ...

MOMENTUM, Seputihsurabaya--Seorang petani dan ibu rumah tangga (I ...


KDRT, Oknum Polisi di Tanggamus Dilaporkan ke ...

MOMENTUM, Kotaagung--SA (27) istri sah dari seorang oknum anggota ...


Dugaan Korupsi di Tirtakencana, Polisi akan L ...

MOMENTUM, Panaragan -- Kasus dugaan korupsi di Tiyuh/Desa Tirtake ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com