Pjs Walikota Menyatu dengan Masyarakat di Car Free Day Metro

Tanggal 07 Okt 2024 - Laporan Adipati - Rio. - 307 Views
Pjs. Walikota Metro, Descatama Paksi Moeda hadiri kegiatan CFD di taman kota, Kecamatan Metro Pusat.

MOMENTUM, Metro--Pejabat Sementara (Pjs) Walikota Metro Descatama Paksi Moeda, menyatu dengan masyarakat dalam kegiatan Car Free Day di Alun-alun Taman Merdeka Metro, Minggu (6-10-2024).

Descatama mengatakan kegembiraannya melihat masyarakat Metro, baik pejabat maupun warga, dapat berkumpul bersama keluarga di CFD. “Ini bukti bahwa olahraga menyatukan kita, tanpa perbedaan,” ujarnya. 

Dia juga menekankan bahwa program-program positif dari OPD (organisasi perangkat daerah) bisa lebih dikenal dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat melalui kegiatan seperti ini.

Kegiatan dimulai dengan senam KJS selama 15 menit dan senam KSN selama 10 menit, dilanjutkan senam ASHMA oleh Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) dalam rangka memperingati Hari Paru-Paru Sedunia 2024. Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) juga menyemarakkan acara dengan tarian cuci tangan.

Lebih lanjut Descatama mengatakan kesehatan merupakan mahkota terpenting dalam kehidupan seseorang, namun banyak yang baru menyadari pentingnya kesehatan setelah mengalami sakit. “Melalui kegiatan Car Free Day ini, kita diajak untuk menerapkan pola hidup sehat,” ujarnya.

Descatama juga menyinggung peringatan Hari Paru Sedunia tahun 2024 yang diperingati pada tanggal 25 September dengan tema “Clean Air and Healthy Lungs for All” atau “Udara Bersih dan Paru Sehat untuk Semua”, mengingatkan masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan paru-paru dari ancaman polusi udara dan kebiasaan merokok.

“Mari kita berkomitmen untuk menerapkan pola hidup sehat, mulai dari menjaga kebersihan lingkungan, berolahraga secara teratur, hingga mengonsumsi makanan bergizi. Setiap langkah kecil yang kita ambil dapat memberikan dampak besar bagi kesehatan kita,” tambahnya

Selain senam, warga Kota Metro turut meramaikan Car Free Day dengan berbagai aktivitas lainnya seperti jalan cepat, jogging, bermain sepatu roda, dan mengendarai skuter.

Beragam kegiatan ini menunjukkan tingginya semangat masyarakat untuk berpartisipasi dalam menjaga kesehatan dan kebugaran, sekaligus memanfaatkan momen bebas kendaraan untuk berolahraga bersama keluarga dan teman. Hal ini juga menjadi bukti bahwa CFD di Kota Metro semakin diminati dan menjadi ajang berkumpul serta bersosialisasi bagi semua kalangan.

Tak hanya itu, untuk memeriahkan kegiatan itu, Pemerintah Kota Metro bersama RSUD Jend. Ahmad Yani melakukan kolaborasi edukasi berkelanjutan dengan organisasi profesi PPDI, IDI, YAI, UNILA dan komunitas, yang membuka pemeriksaan kesehatan seperti pemeriksaan APE dan CO Analyzer, kemudian mengadakan edukasi kesehatan paru.(**)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Polres Tulangbawang Kukuhkan Pengurus Komite ...

MOMENTUM, Tulangbawang--Polres Tulangbawang mengukuhkan struktur ...


Karateka Asal Pesawaran Raih Emas di Kejuaraa ...

MOMENTUM, Gedongtataan-- Karateka asal Pesawaran, Indah Febriani ...


IPSI Lampung Kirim 19 Pesilat Remaja ke Semar ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (I ...


Nathansyah Raih Juara Pertama Kejuaraan Renan ...

MOMENTUM, Bandarlampung-- Nathansyah Alghani Ahmad, perenang cili ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com