Bea Cukai Gelar Patroli Bersama Berantas Sindikat Narkotika

Tanggal 22 Okt 2024 - Laporan Wawan/rls - 96 Views
Nazuwir, Kepala Seksi Penindakan II Kanwil Bea Cukai Aceh pimpin apel pasukan bersama./ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (Bea  Cukai) Aceh bersama dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Aceh dan Badan Narkotika  Nasional Kota (BNNK) Banda Aceh selenggarakan Patroli Bersama Berantas Sindikat Narkotika (Patma Bersinar) di perairan Aceh pada 21-24 Oktober 2024.

Kegiatan patroli dimulai dengan apel  bersama yang dipimpin oleh Kepala Kanwil Bea Cukai Aceh, Safuadi di Dermaga Kanwil Bea Cukai  Aceh, Lampulo, Senin 21 Oktober 2024.

Patma Bersinar dengan tajuk “Menjaga Negeri, Melindungi Generasi” dimulai sejak tahun  2020, sebagai tindak lanjut dari aksi nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan  Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) Tahun 2020-2024, sebagaimana tertuang dalam Instruksi  Presiden Nomor 2 Tahun 2020 dan Rencana Strategis (Renstra) Bea Cukai 2020-2024.

“Hari ini, Bea Cukai dalam hal ini diwakili oleh Kanwil Bea Cukai Aceh, Kantor Pengawasan  dan Pelayanan Bea dan Cukai Banda Aceh dan Sabang bersama dengan Badan Narkotika Nasional  yang diwakili oleh BNNP Aceh dan BNNK Banda Aceh, gelar apel bersama di Dermaga Kanwil Bea  Cukai Lampulo," ungkap Leni Rahmasari, Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai dalam keterangannya, Selasa (21-10). 

Dia berharap kegiatan patroli bersama dapat memberikan 'deterrent effect' kepada sindikat kejahatan Narkotika, Psikotropika dan Prekusor (NPP), menekan suplai NPP sehingga  berimplikasi terhadap penurunan angka prevalensi penyalahgunaan dari peredaran gelap NPP di  Indonesia.

Kejahatan sindikat narkotika harus terus diperangi bersama. Bea Cukai sebagai instansi yang  bertugas dalam pengawasan lalu lintas barang yang ke luar dan masuk wilayah Republik Indonesia  berkomitmen memberantas kejahatan narkotika.

“Perlu adanya upaya dan strategi yang lebih  maksimal dalam mencegah dan mengantisipasi peningkatan kejahatan peredaran gelap narkotika  baik di tingkat nasional, regional dan global, serta mengantisipasi penyelundupan narkotika ke  Indonesia (supply reduction),” papar Leni.

Hadir dalam kegiatan apel bersama Kepala BNNP Aceh, Bigjen Pol. Marzuki Ali Basyah dan  Kepala BNNK Banda Aceh, Kombes Pol. Zahrul Bawadi. “Patma Bersinar merupakan wujud nyata  bakti Bea Cukai dalam pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap NPP di  Indonesia,” pungkas Leni.(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Ditlantas Lampung Edukasi Pengguna Jalan Sela ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Direktorat Lalu Lintas Polda Lampung men ...


Bea Cukai Gelar Patroli Bersama Berantas Sind ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jende ...


Asik Main Game Online, Sepeda Motor Sidikat M ...

MOMENTUM, Tulangbawang--Team Khusus Anti Bandit (Tekab) 308 Presi ...


Kapolres Tulangbawang Berikan Reward 11 Perso ...

MOMENTUM, Menggala--Polres Tulangbawang menggelar upacara pemberi ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com