Bupati Pringsewu Resmikan IPAL Komunal

Tanggal 09 Jan 2018 - Laporan - 1174 Views
Bupati Pringsewu Sujadi meresmikan sarana IPAL Komunal di Pekon Rejosari, Kecamatan Pringsewu.

Harianmomentum.com---Bupati Pringsewu Sujadi meresmikan enam unit bangunan Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL) Komunal di kabupaten setempat, Selasa (9/1). IPAL tersebut  dibanguan melalui Program Sanitasi Berbasis Masyarakat yang dilaksanakan Islamic Development Bank (Sanimas-IDB) Tahun 2017.

Peresmian secara simbolis yang dipusatkan di lokasi IPAL Komunal Pekon (desa) Rejosari, Kecamatan Pringsewu itu ditandai dengan pemotongan pita, lalu penandatanganan prasasti dan pelepasan balon terbang oleh Bupati Sujadi.

 Ke-enam bangunan IPAL Komunal yang diresmikan itu, empat diantaranya berada di wilayah Kecamatan Pringsewu: Kelurahan Pringsewu Timur, Pekon Rejosari, Margakaya dan Pekon Bumiayu. Dua lagi berada di Kecamatan Ambarawa: Pekon Tanjunganom dan Sumberagung.

Bupati berharap, enam unit bangunan IPAL Komunal itu mampu mengurangi permasalahan sanitasi di Kabupaten Pringsewu, sekaligus meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

"Manfaatkan dengan sebaiknya lokasi IPAL Komunal ini sebagai sarana informasi, sosialisasi dan edukasi warga  tentang pentingnya sanit asi sehat," imbaunya.

Menurut dia, salah satu komponen utama program Sinimas-IDB adalah pemberdayaan masyarakat yang dilakukan melalui beberapa upaya pendekatan: mempotensikan gender, otonomi dan desentralisasi.

“Ini bagain dari bentuk tanggung jawab pemerintah daerah terhadap kelanjutan  upaya pemberdayaan masyarakat menuju kemandirian,” terangnya.

Dia menjelaskan, ruang lingkup program Sanimas IDB diprioritaskan pada penyediaan sarana sanitasi masyarakat yang meliputi: IPAL Komunal dengan sistem perpipaan atau kombinasi IPAL Komunal dengan sistem perpipaan dan MCK.

“Tahun 2017 Kabupaten Pringsewu mendapat enam lokasi pembangunan sarana  IPAL Komunal. Tahun ini, kita  kembali akan mendapat 20 lokasi yang akan disebar ke-sejumlah kecamatan," ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Pringsewu Andi Purwanto menjelaskan, ?setiap rancangan lokasi IPAL Komunal minimal mampu melayani 50 kepala keluarga atau sekitar 250 jiwa.

"Dana untuk masing-masing lokasi pembangunan IPAL ini mencapai Rp425 juta yang disalurkan langsung ke rekening LKM (lembaga keswadayaan masyarakat," jelasnya.

Selain Kabupaten Pringsewu, salah satu daerah di Lampung yang juga menerima Sanimas IDB adalah Kota Bandarlampung.

“Kabupaten Pringsewu mendapatkan bantuan program Sanimas IDB ini sejak Tahun 2014 hingga 2016 dengan jumlah lokasi mencapai sembilan lokasi. Untuk 2017 mendapatkan kembali bantuan sebanyak enam lokasi," ungkapnya.

Dia menjelaskan, sanimas adalah salah satu program pembangunan yang dananya bersumber dari APBN dan Islamic Developmen Bank (IDB). 

"Program Sanimas diselenggarakan sebagai pendudukung Program Peningkatan Kualitas Pemukiman (P2KP) yang sekarang berganti nama menjadi Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU)," jelasnya. (lis)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Yansos Jejama Salurkan Bantuan untuk Penyanda ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Penyandang disabilitas warga Kecamatan Gad ...


Danpuspom AD Mayjen Eka Wijaya Tinjau Proges ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Komandan Pusat Polisi Militer (Danpuspom) ...


Pj Bupati Lambar Buka TMMD ke 120 ...

MOMENTUM, Airhitam--Penjabar Bupati Lampung Barat (Lambar) Nukman ...


Selama Sepuluh Tahun Terakhir, Pemprov Pertah ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung be ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com