Bentrok Eksekusi Lahan di Biha Pesibar

Tanggal 11 Jan 2018 - Laporan - 1500 Views
Bentrok antara aparat Polres Lampung Barat dengan anggota Satpol PP Kabupaten Pesisir Barat terkait eksekusi lahan.Foto:Agung Sutrisno

Harianmomentum.com--Bentrokan antara Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dengan anggota Kepolisian Resor (Polres) Lampung Barat mewarnai eksekusi pengosongan laha n seluas 4,7 hektare di Pekon (Desa) Biha Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat, Kamis (11/01).

 

Bentrok tersebut terjadi setelah Panitera Pengadilan Negri Liwa M Yamin membacakan penetapan nomor 01/Pen.Eks.2018/PN.liwa tanggal 3 Januari 2018 yang menerangkan sebagai bentuk kepastian hukum menyerahkan tanah seluas 4,7 hektare kepada ahli waris (alm) H Tabrani Dalil yaitu Aria Resukia, Isna Adianti, Anda Mulia dan Aria Resuki Anggun Arifnur sebagai pemilik sah lahan tersebut.

 

Namun, saat akan mencabut plang yang bertulis Tanam Milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Barat dihalangi oleh pulahan anggota Satpol PP yang mengakibatakan saling dorong dan hampir menimbulkan baku hantam antara aparat hukum yang diterjunkan untuk mengawal pengosongan lahan tersebut.

 

Kapolres Lampung Barat AKBP Tri Suhartanto S.ik saat di konfirmasi menjelaskan, pihaknya telah melakukan langkah persuasif dan sesuai prosedur.

 

"Kami sudah melakukan mediasi namun menemukan jalan buntu, jadi kami hanya menjalankan dan menegakan hukum, kapasita kami hanya mengamnkan dan menjalankan putusan Pengadilan Negri Liwa terkait sengketa tersebut," kata dia.

 

Masih kata dia, eksekusi pengosogan lahan tersebut sedikit mengalami kericuhan antara anggota satpol pp dan polisi.

 

"Hanya saling menjalankan tugas, tidak ada yang terluka apalagi baku hantam, kita bersaudara,namun jika ada yang merasa dirugikan silahkan tempuh melalui jalur hukum kan megara kita negara hukum," paparnya.

 

Informasi yang dihimpun harianmomentum.com, lahan yang sebelumnya sempat menjadi sengketa itu rupanya sudah dihibahkan ke Pemkab Pesisir Barat, sehingga dijaga oleh satpol PP.(ags)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Polsek Bangun Rejo Dalami Kasus Penemuan Maya ...

MOMENTUM, Bangunrejo--Warga Kampung Tanjung Jaya, Kecamatan Bangu ...


Polres Lampura Tangkap Pencuri di Rumah Kades ...

MOMENTUM, Kotabumi--Tim Khusus Antibandit (Tekab) 308 Presisi Sat ...


Tangkap Satu Pelaku, Polres Lamteng Buru Ters ...

MOMENTUM, Gunungsugih--Tim Khusus Antibandit (Tekab) 308 Presisi ...


Warga Serahkan Dua Pucuk Senjata Api Rakitan ...

MOMENTUM, Mesuji--Warga menyerahkan dua senjata api rakitan kepad ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com