Stock Pupuk Nasional Aman

Tanggal 26 Jan 2018 - Laporan - 965 Views
ilustrasi. Foto:ist

Harianmomentum.com--Stock pupuk nasional untuk memenuhi kebutuhan musim tanam selama satu bulan kedepan, dipastikan aman. Kepastian tersebut disampaikan Direktur Pemasaran PT Pupuk Indonesia (Persero) Achmad Tossin Sutawikara, Jumat (26/1).

 

Achmad mengatakan, PT Pupuk Indonesi (Persero) telah mengkoordinir para produsen pupuk untuk mempercepat proses penyaluran. Terutama dari lini 2 dan 3 (produsen) ke lini 4 (distributor).

 

Langkah tersebut untuk memenuhi kebutuhan petani menjelang musim tanam, sekaligus menjamin ketersediaan pupuk di sentra-sentra produksi beras se- Indonesia.

"Dari sisi stok, secara nasional aman. Kami sudah menyiapkan stok di gudang-gudang lini 2 dan 3 melebihi ketentuan pemerintah, sehingga cukup untuk menghadapi musim tanam," kata  Achmad Tossin dikutip RMOL.co.

 

Agar pupuk bisa diterima petani tepat waktu, pihaknya akan mempercepat proses pengiriman dari gudang ke distributor dan kios."Para distributor dan pemilik kios harus segera menebus pupuk sesuai dengan alokasinya sehingga tidak terlambat diterima petani," jelas Tossin.

 

Pupuk Indonesia juga telah menugaskan kepada para produsen pupuk untuk mewajibkan distributornya agar selalu menyiapkan stok pupuk non subsidi di setiap kios.

 

Tossin memastikan, stok nasional saat ini cukup untuk kebutuhan sebulan ke depan. Total stok pupuk hingga 25 Januari 2018, secara nasional di Lini III & IV, atau di gudang kabupaten dan kios sebesar 1.148.568 ton. Jumlah tersebut dua kali lipat dari ketentuan stok yang ditetapkan oleh pemerintah yaitu 581.161 ton.

 

Jumlah itu belum termasuk dengan stok yang terdapat di gudang pabrik dan provinsi. 
Adapun rincian stok nasional di Lini III & IV yang terdiri dari: 403.360 ton Urea, 374.725 ton NPK, 151.308 ton SP-36, 130.155 ton ZA, dan 88.898 ton Organik.

 

Sedangkan realisasi penyaluran hingga 24 Januari sebesar 294.792 ton untuk urea, 47.722 ton untuk SP36, 64.953 ton pupuk ZA, dan 114.853 ton pupuk NPK.(RMOL.co) 

 

 

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Telkomsel Tawarkan Paket Internet Super Seru ...

MOMENTUM, Bandarlampung – Telkomsel menghadirkan paket Quota In ...


PT SBA Bantu Air Bersih untuk Warga Terdampak ...

MOMENTUM, Aceh – PT Solusi Bangun Andalas (SBA) mendistribusika ...


Foila Segera Tawarkan Proyek Investasi Terbar ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Forum Investasi Lampung (FOILA) perkuat ...


SBA Perkenalkan Praktik Tambang Berkelanjutan ...

MOMENTUM, Aceh -- PT Solusi Bangun Andalas (SBA) berkolaborasi de ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com