PUPR Pringsewu Kenalkan Alat Berat pada Pelajar TK

Tanggal 04 Mar 2018 - Laporan - 987 Views
Sebanyak 150 pelajar TK se-Kabupaten Pringsewu mengikuti lomba mewarnai yang digelar Dinas PUPR Pringsewu dalam menyambut HUT Kabupaten Pringsewu ke-9./Sulis

Harianmomentum.com--Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Pringsewu memperkenalkan alat berat jenis eskavator malalui lomba mewarnai kepada 150 pelajar Taman Kanak-kanak (TK) dari sembilan kecamatan, se kabupaten setempat.

 

Pengenalan itu dilakukan dalam bentuk desain gambar hitam putih di atas kertas karton, diantaranya gambar Tugu Bambu Selamat Datang Kabupaten Pringsewu, Tugu Gajah dan eskavator pengeruk tanah, suasana itu berlangsung di pendopo dalam rangkaian menyambut peringatan HUT Kabupaten Pringsewu ke-9, Minggu (4/3).

 

Kemudian para pelajar TK dengan antusias dan keseriusannya masing-masing menggerakan tangannya memoles dengan berbagai jenis alat pewarna pada gambar yang telah disediakan panitia.

 

"Dinas PUPR sengaja menggelar lomba mewarnai tingkat pelajar TK se-Kabupaten Pringsewu,"ujar Sekretaris Dinas PUPR Imam Santiko mewakili Kadis PUPR Andi Purwanto.

 

Menurut dia, tujuan lomba mewarnai itu diantaranya meningkatkan jiwa kreatifitas anak, memupuk rasa kesatuan dan persatuan serta meningkatkan rasa percaya diri pada anak-anak di tingkat usia TK.

 

"Namun, yang lebih penting lagi anak-anak dapat lebih mengenal berbagai hasil-hasil pembangunan yang sudah berdiri di Kabupaten Pringsewu. Juga untuk lebih mengenalkan kegunaan  tentang fungsi dari pada alat berat seperti eskavator," jelas Imam.

 

Sekretaris Dinas PUPR menambahkan, pada lomba tersebut diambil juara 1 hingga 3 dan juara harapan serta disediakan hadiah doorprize di lokasi lomba.

 

"Untuk independensi kami juga menghadirkan tim juri yang profesional yang akan tetap memilih para juara adalah benar-benar dengan hasil terbaik," tuturnya.

 

Selain menggelar lomba mewarnai, ia melanjutkan, Dinas PUPR juga akan menggelar lomba memancing gratis di embung Pekon (Desa) Wonodadi Utara, Kecamatan Gadingrejo pada Minggu (11/3) mendatang.

 

"Tujuannya selain membantu menyalurkan hoby para pemaniak mancing, juga memperkenalkan keberadaan embung tersebut," imbuh Imam Santiko.

 

Sementara Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pringsewu Supriyanto mewakili Bupati Sujadi saat membuka kegiatan tersebut menyambut positif dan mengapresiasinya.

 

Sebab, setidaknya mulai menanamkan dan mengajarkan anak didik mulai dari pelajar TK untuk belajar berani berkreatifitas sesuai imajinasinya.

 

Di samping itu jenis desain gambar yang akan diwarnai itu juga memperkenalkan kepada peserta tentang hasil-hasil pembangunan di Kabupaten Pringsewu. "Semoga anak didik bisa mengekspresikan melalui karya mewarnai sesuai dengan warna bentuk aslinya, ataupun penambahan kreasi," ujarnya.

 

Supriyanto menambahkan, bahwa pembelajaran kepada anak didik bukan hanya di lingkungan sekolah saja, melainkan dapat dilakukan dilingkungan terbuka di luar sekolah. Sebab saat ini sarana terbuka di Kabupaten Pringsewu ini cukup banyak yang dapat dilakukan proses belajar kepada anak.

 

Misalnya lokasi pendopo, rest srea, jalur dua Pemkab Pringsewu, Talang Indah, Telaga Gupit serta tempat-tempat rekreasi lainnya.

 

"Kegiatan diharapak dapat melatih kreatifitas dan mendidik anak di luar lingkungan sekolah sekaligus berrekreasi supaya anak tidak jenuh menghadapi pelajaran di sekolahnya," imbuh Supriyanto. (lis)


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Rektor Ajak DPL KKN Amalkan Nilai Strategis P ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) R ...


Klinik Pratama UIN Raden Intan Lampung Gelar ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Pusat Pelayanan Kesehatan Masyarakat Kl ...


UIN Raden Intan Lampung Perpanjang MoU dengan ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


Wisuda Periode II 2024, Rektor Ajak Alumni Ha ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) R ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com