Diduga Tidak Tepat Sasaran, Pembagian Rastra di Pekon Gunungkemala Timur Nyaris Ricuh

Tanggal 05 Mar 2018 - Laporan - 862 Views
Ilustrasi. Pembagian beras prasejahtera (Rastra)./net

Harianmomentum.com--Diduga tidak tepat manfaat sasaran, pembagian beras prasejahtera (rastra) di Pekon (Desa) Gunungkemala Timur Kecamatan Way Krui Kabupaten Pesisir Barat nyaris menimbulkan kericuhan.

 

Hal tersebut disebabkan oleh Peratin (Kepala Desa) dan aparat pekon setempat yang berdalih pembagian itu sudah berdasarkan surat edaran Bupati Pesisir Barat Agus Istiglal.

 

"Tapi, saya nilai itu hanya dalihnya saja, bawa-bawa nama bupati. Kenyataannya, pembagian itu tidak tepat sasaran, karen yang dapat hanya kerabat aparat pekon," Indra (36) warga setempat, Minggu (5/3).

 

Menurut dia, aparat Pekon Gunungkemala Timur tidak melakukan pendataan ulang alias pakai data lama, sehingga dinilai tidak tepat manfaat sasaran.

 

"Aparat pekon hanya menggunakan data lama, makanya banyak warga tidak mendapat Rastra, padahal mereka sangat layak menerima, ini adalah salah satu contoh buruknya kinerja dari aparat pekon Gunungkemala Timur," terang Indra. 


Saat dirinya mempertanyakan mekanisme pendataan Rastra kepada Joni, Peratin Gunungkemala Timur itu mengatakan data yang digunakan berasal dari dinas sosial dan mengacu kepada surat edaran bupati. 

 

Bukan itu saja, kata Indra, beberapa aparat pekon setempat bahkan naik pitam  karena ditanya tentang data penerima Rastra. 

 

"Ini sangat saya sayangkan, ada warga yang bertanya kok aparat pekonnya naik pitam, padahal tugas mereka mengayomi dan mendata warganya. Apalagi mereka telah digaji dari dana desa. Sebaiknya aparat pekon yang sok jago atau bergaya preman murahan dicopot saja dari jabatanya, baru jadi kaur saja sudah belagu," papar Indra. 

 

Ia melanjutkan, yang berhak menerima Rastra semestinya kaum ekonomi lemah, nah di Gunungkemala Timur, Rastra dinikmati warga yang ekonominya tergolong mampu. 

 

Ironis lagi, orang yang telah meninggal pun masih mendapat Rastra. "Ini sangat aneh dan lucu. Kami berharap agar tidak menimbulkan persoalan, ada baiknya data penerima Rastra di Pekon Gunungkemala Timur diperbaiki," pungkas Indra.(ags)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Marindo Serahkan Bantuan Warga Tertimpa Musib ...

MOMENTUM,Pringsewu--Pemerintah Kabupaten Pringsewu memberikan ban ...


Peduli Sesama, Pemuda Pancasila Lampura Berba ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pemuda Pemuda Pancasila Kabupaten Lampung U ...


Kolaborasi dengan RKR, PWI Waykanan Berbagi R ...

MOMENTUM, Baradatu--Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten ...


LPM Pringsewu Berbagai Sembako kepada Keluarg ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Elemen masyarakat yang tergabung di Lembag ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com