Tak Punya Komputer, UNBK Menumpang di Tempat Lain

Tanggal 19 Mar 2018 - Laporan - 827 Views
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Sulpakar. Foto. Ist.

Harianmomentum.com--Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung memastikan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) jenjang SMA/SMK pada 2018 seluruhnya akan berbasis komputer (UNBK).


Kepala (Disdikbud) Provinsi Lampung Sulpakar mengatakan, bagi SMA/SMK yang belum memiliki sarana ruang komputer, bisa menumpang di tempat lain, baik itu SMP maupun Perguruan Tinggi.


“Bagi sekolah yang belum memiliki sarana prasarana ruang komputer bisa menumpang di SMP. SMA bisa ke SMK dan juga sebaliknya, atau di perguruan tinggi. Ini kan sudah mendapat arahan dari Kemendikbud,” ujar Sulpakar usai mengikuti Rapat Paripurna HUT Lampung di Gedung DPRD Provinsi Lampung, Senin (19/3).


Sulpakar memastikan tidak ada masalah dalam pelaksanaan UN ini. Tinggal bagaimana tiap sekolah berkoordinasi untuk menentukan tempat ujian.


Untuk Ujian Nasional jenjang SMP, Sulpakar menyebut pihaknya tidak menangani teknis pelaksanaannya, karena itu wewenangnya Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.


“Semua lancar nggak ada masalah. Kalau jenjang SMP itu tanggungjawab kabupaten/kota masing-masing, kita hanya fasilitator,” tutupnya.


Hal senada disampaikan Kepala Bidang SMK Disdikbud Lampung, Teguh Irianto. Ia mengatakan, teknis kerjasama penggunaan fasilitas komputer untuk SMA/SMK adalah tanggungjawab tiap sekolah. Tetapi Disdikbud tetap memfasilitasi jika ditemukan kendala di lapangan.


“Untuk teknis semua sama, SMA dan SMK. Kan bisa menggunakan fasilitas computer di tempat lain. Makanya jadwal UN ditata agar bisa saling menggunakan ruang komputernya. Kalau ada Perguruan Tinggi di daerah tersebut juga bisa digunakan,” pungkasnya. (ira).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Gelar Upacara Peringatan Hardiknas 2024, Rekt ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


Mahasiswi Prodi Hukum Bisnis Darmajaya Muli T ...

MOMENTUM, Bandarlampung – Mahasiswi Prodi Hukum Bisnis Institut ...


Gelar UTBK SNBT Hari Pertama, Unila Pastikan ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ujian tulis berbasis komputer (UTBK) sel ...


Mahasiswa Prodi IPII Raih Juara Lomba Gerakan ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Pe ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com