Marinir Siap Jaga Keamanan serta Netralitas Pilkada

Tanggal 26 Mar 2018 - Laporan - 881 Views
Pengecekak pasukan saat apel kesiapan turut serta menjaga keamanan selama Pilkada serentak 2018 di Provinsi Lampung. Foto: Ist

Harianmomentum.com--Prajurit Brigif-3 Marinir (mar) siap ikut serta dalam membantu proses pengamanan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2018. Selain itu, seluruh personel di bawah naungan Brigif-3 Marinir diimbau untuk tidak berpihak kepada calon manapun alias netral.

 

Hal itu ditegaskan Komandan Brigif-3 Mar Kolonel (mar) Agung Trisnanto yang diwakili oleh Wadan Brigif-3 Mar Letkol (mar) Sulistyo Tri Yuliarto saat apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan Pilkada serentak 2018 di lapangan apel Mako Yonif-9 Marinir, Batumenyan, Telukpandan, Pesawaran, Senin (26/03/18).

 

“Walaupun pasukan kita bukan di garda terdepan, tetapi kita memiliki tugas untuk turut serta membantu Kepolisian dari belakang guna melaksanakan pengamanan saat pelaksanaan Pilkada nanti,” kata Wadan Brigif-3 Mar Letkol Marinir Sulistyo Tri Yuliarto dalam rilis yang diterima harianmomentum.com.

 

Dia mengatakan, bahwa pengamanan Pilkada tersebut merupakan perintah secara langsung dari Dankormar (Komandan Korps Marinir).

 

“Brigif-3 Marinir diperintahkan untuk dapat menyiapkan satuan se tingkat batalyon yang terdiri dari pasukan Yonif-7 Marinir dan Yonif-9 Marinir untuk dapat mempersiapkan segala perlengkapan guna pengamanan Pilkada,” terangnya.

 

Letkol Marinir Sulistyo menegaskan, bahwa seluruh personenya harus netral dan tidak ada keberpihakan dengan calon manapun.

 

“Pahami tugas kalian, bila sudah ada tugas maka akan ada perintah. Perintah yang utama adalah netralitas kita, jangan sekali-kali untuk tidak netral,” tegasnya.

 

Selain itu, personel diimbau untuk teliti dalam pelaksanaan tugas pengamanan nantinya. “Tugas apapun yang diberikan kepada kita harus dianalisa. Karena kita ada di bawah kendali operasi (BKO), sehingga perintah-perintah tersebut harus kita pahami dahulu, jangan telan mentah-mentah, jangan sampai tugas tersebut menjerumuskan kita,” paparnya.

 

Dalam melaksanakan tugas, lanjut dia, prajurit tidak boleh takut. “Kalau perintah tersebut sudah sesuai prosedur, kita tidak usah takut. Laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab,” jelasnya.

 

Dia juga mengingatkan kepada seluh personel bahwa setiap tugas yang diemban harus berhasil.

 

“Tugas diatas segalanya, maka harus berhasil. Untuk berhasil, maka harus disiapkan dengan baik, latihan juga dengan baik. Peralatan maupun diri pribadi juga disiapkan dengan baik,” imbaunya.

 

Turut hadir dalam apel tersebut, Pas Ops Brigif-3 Marinir, Danyonif-7 Marinir serta Danyonif-9 Marinir. (acw)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pinang Tiga Parpol, Wahdi Komitmen Perjuangka ...

MOMENTUM, Metro--Setelah Partai Nasdem, Wahdi Siradjuddin kembali ...


Maju Pilkada, Mirza Punya Tiga Sponsor ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Bakal calon gubernur Lampung Rahmat Mirz ...


Diiringi Pasukan Hitam dan Putih, Yanuar Iraw ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Politisi PDI Perjuangan Lampung Yanuar I ...


Rahmat Bagja Resmikan Kantor Bawaslu Bandarla ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Baw ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com