Wisuda Unila, Mahasiswa Korsel Terbaik di Fakultas Teknik

Tanggal 26 Mar 2018 - Laporan - 4168 Views
Mahasiswa asal Korsel Park Eun Ha menjadi lulusan terbaik Fakultas Teknik./ist

Harianmomentum.com--Wisuda mahasiswa Universitas Lampung (Unila), wisudawan kelahiran Seoul Korea Selatan, Park Eun Ha menjadi lulusan terbaik di Fakultas Teknik.

 

Mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Sipil itu lulus dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,66 dan lama belajar hanya 3,42 tahun, pada wisuda periode IV tahun akademik 2017/2018, seperti dilansir dalam laman Unila, Senin (26/3).

 

Wisudawan kelahiran Seoul, Korea Selatan, ini dinyatakan lulus pada 30 Januari 2018 setelah menyelesaikan skripsi berjudul “Perencanaan Sistem Pemanenan Air Hujan Sekala Rumah Tangga di Korea Selatan”.

 

Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) Drs Mardi Syahferi menyebutkan, Park Eun Ha menjadi salah satu dari 876 wisudawan yang dikukuhkan di Gedung Serba Guna (GSG) Unila, dengan rincian 103 orang lulusan program magister, 697 orang dari program sarjana, dan 76 orang program diploma.

 

Lulusan terbaik pertama tingkat universitas untuk program pascasarjana adalah Widia Rini Hartari (Magister Teknologi Industri), terbaik kedua Klara Ken Laras (Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), dan terbaik ketiga Radella Hervidea (Magister Biologi).

 

Sementara untuk progran sarjana, lulusan terbaik pertama adalah Saprama Eric Oktareza (FKIP), terbaik kedua Gusti Ngurah P Pradnya Wisnu (FK), terbaik ketiga Ade Fadilah (FISIP). Hal ini berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor: 877/UN26/PP.06.03/2018.

 

Rektor Unila Prof Hasriadi Mat Akin menyatakan kebanggaannya atas keberhasilan para wisudawan meraih gelar sesuai bidang ilmu yang ditekuni. Hingga periode IV tahun akademik 2017/2018, Unila telah menyumbangkan 99.010 SDM kepada NKRI. “Ini wujud karya utama Unila,” terangnya.

 

Saat ini, lanjut Rektor, para alumni Unila telah tersebar di seluruh Indonesia bahkan berkarir di luar negeri. Oleh karena itu, mengucapkan selamat atas keberhasilan para wisudawan. Hasriadi juga menyampaikan selamat kepada para orangtua dari wisudawan.

 

Rektor mengimbau para wisudawan tidak berhenti belajar sebab di era revolusi industri saat ini persaingan semakin ketat. “Terapkan lah long life education. Saudara harus menjadi generasi digital yang mampu memanfaatkan teknologi. Seperti moto Unila, terus lah berkarya dan berinovasi untuk bangsa,” kata Rektor.

 

Asisten Deputi Kepemimpinan dan Kepeloporan Pemuda Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, Ibnu Hasan yang hadir mewakili Ketua Ika Alumni Unila, turut menyampaikan amanat bagi wisudawan.

 

Ia berpesan agar para wisudawan memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, berani meminta maaf, mencoba, dan berusaha dengan baik.

 

“Fungsi kalian adalah kontrol sosial dengan cara yang baik. Berani lah menghadapi kegagalan dan balikkan menjadi keberhasilan. Miliki lah kepribadian yang baik,” kata Ibnu.

 

Ia juga mengajak wisudawan agar senantiasa menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan menghargai kebhinekaan. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah meningkatkan kesejahteraan. “Kalian harus tetap bekerja. Cari rejeki yang halal. Ciptakan peluang dan berani mengambil risiko,” pesan alumni KPIP Unila ini.(red)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Hima Akuntasi IIB Gelar Seminar Literasi Baha ...

MOMENTUM, Bandarlampung – Himpunan Mahasiswa (Hima) Akuntansi I ...


LPM Pringsewu Bekerja Sama dengan LKP DMC Gel ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kabu ...


35 Anggota Paskibraka Provinsi Lampung Terpil ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Seleksi Paskibraka Provinsi Lampung berl ...


4 Calon Paskibraka Lampung Selatan Lulus Ting ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Seleksi Paskibraka Tingkat Provinsi Lamp ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com