Tanggapi Keluhan Warga, Bupati Lamsel Sidak Disdukcapil

Tanggal 18 Apr 2017 - Laporan - 1154 Views
Bupati Lamsel Zainudin Hasan sidak di Disdukcapil setempat, Selasa (18/04/17). Foto: Bob

Harianmomentum— Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan inspeksi mendadak (sidak) di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat, Selasa (18/04/17).

Kedatangan Zainudin untuk merespon banyaknya pengaduan masyarakat yang mengeluhkan kurang maksimalnya pelayanan di Disdukcapil.

"Saya dapat laporan dari masyarakat melalui media sosial, bahwa blangko kosong. Saya minta warga itu memoto petugas tersebut,” kata Zainudin saat sidak.

Menurutnya, buruknya pelayanan di Disdukcapil bisa berimbas terhadap rapor pelayanan Pemkab Lampung Selatan. Sehingga perlu perhatian serius dari Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait.

 “Soal pelayanan harus diperhatikan dengan serius, jangan sampai saya mendapat laporan serupa kedepannya,” tegas Zainudin.

Terlebih, saat ini Disdukcapil Lamsel sudah mendapat blangko KTP elektronik 10 ribu lembar dari provinsi. Sehingga tidak ada lagi alasan bagi Disdukcapil untuk tidak melayani masyarakat.

“Kita dapat 10 ribu lembar blangko KTP-el tetapi 2 ribunya bayar hutang ke provinsi, jadi tersisa 8 ribu lembar,” katanya.

Dalam sidak itu, Zainudin didampingi Sekretaris Daerah, Fredy Sukirman dan Kepala BKD, Akar Wibowo menuju ruangan perekaman KTP-el.

Di ruangan itu, Zainudin menunjukan foto seorang petugas yang mengatakan bahwa blangko kosong yang dia dapat dari laporan warga.

“Kalau terulang lagi saya akan berikan SP, kalau sampai tiga kali pegawai itu bisa diberhentikan, tapi kali ini saya maafkan," kata Zainudin.

Sementara, Kadisdukcapil Lamsel, Hasan Apriansyah berjanji akan memperbaiki kinerja para pegawainya sesuai dengan keinginan Bupati.

Namun ia juga menjelaskan, saat ini proses pencetakan KTP-el memang belum dapat dilakukan karena terkendala sistem aplikasi yang masih bermasalah. 

 “Pelayanan di Disdukcapil akan segera diperbaiki. Tapi saat ini masih terkendala karena belum tersambungnya server data KTP-el pusat dengan komputer disini,” pungkasnya. (bob/red)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


JCH Mesuji Berangkat Awal Juni ...

MOMENTUM, Mesuji--Jemaah calon haji (JCH) Kabupaten Mesuji dijadw ...


Dinas Perdagangan Metro Gencar Lakukan Penetr ...

MOMENTUM, Metro--Dinas Perdagangan dan Pasar Kota Metro, gencar m ...


Karya Bakti Kodim 0424 Tanggamus Berlangsung ...

MOMENTUM, Tanggamus -- Karya Bakti Kodim 0424 Kabupaten Tanggamus ...


Mekanisme Penggatian Kepala Sekolah Harus Ses ...

MOMENTUM, Metro--Mekanisme rolling atau pergantian kepala sekolah ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com