Longsor, Banjir dan Pohon Tumbang Landa Wilayah Lambar

Tanggal 04 Apr 2018 - Laporan - 1299 Views
Tanah longsor di Pekon Sukajadi, Kecamatan Airhitam, Kabupaten Lampung Barat ini menyebabkan kerusakan kebun kopi milik warga setempat.

Harianmomentum.com--Hujan deras sejak Selasa sore (3/4) hingga Rabu dini hari (4/4),  memicu bencana alam: tanah longsor, banjir, dan pohon tumbang di Kecamatan Airhitam dan Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Lampung Barat (Lambar).   

 

Bencana tanah longsor terjadi di wilayah Pemangku (dusun) Sukajaya, Pekon (desa) Sukajadi, Kecamatan Airhitam. Kejadian tersebut menyebabkan kerusakan kebun kopi milik Sugianto rusak. 

 

 Menurut Sugianto, ada 400 batang tanaman kopi miliknya yang rusak tetimbun material longsor. Bencana tanah longsor itu diperkirakan terjadi sekitar pukul 00.WIB Rabu (4/4).

 

Selain itu, beberapa area persawahan yang ada di Pekon Rigisjaya, Kecamatan Air Hitam terendam banjir. Banjir juga merendam akses jalan dan jembatan penghubung pekon setempat dengan Pekon Gunungrerang. Ketianggian banjir  mencapai 75 centimeter. Akibatnya, petani di Pekon Rigisjaya dipastikan gagal panen.

 

Bencana tanah longsor  dan pohon tumbang juga melanda beberapa lokasi  ruas jalan di Kecamatan Sumberjaya. Akibatnya, akses jalan yang menghubungkan Pekon Sukapura Kecamatan Sumberjaya dengan Kecamatan Bukitkemuning, Kabupaten Lampung  Utara sempat terputus, karena batang pohon tumbang melintang di badan jalan.  .

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupgten LambarMaidar mengatakan, pihaknya bersama masyarakat sedang membersihkan material longsor dan pohon tumbang, agar akses jalan kembali lancar.

"Dinas PUPR Lampung Barat juga telah menurunkan alat berat untuk membantu  pekerjaan di lapangan, katanya. (lem)

 

 


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Marindo Serahkan Bantuan Warga Tertimpa Musib ...

MOMENTUM,Pringsewu--Pemerintah Kabupaten Pringsewu memberikan ban ...


Peduli Sesama, Pemuda Pancasila Lampura Berba ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pemuda Pemuda Pancasila Kabupaten Lampung U ...


Kolaborasi dengan RKR, PWI Waykanan Berbagi R ...

MOMENTUM, Baradatu--Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten ...


LPM Pringsewu Berbagai Sembako kepada Keluarg ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Elemen masyarakat yang tergabung di Lembag ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com