Dispora Gelar Pelatihan bagi Pramuka Tanggamus

Tanggal 09 Apr 2018 - Laporan - 919 Views
Pembukaan Kursus Mahir Dasar dan Kursus Mahir Lanjutan di Kabupaten Tanggamus./ist

Harianmomentum.com--Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Tanggamus mengadakan pelatihan bagi pelatih dan pembina Pramuka berupa Kursus Mahir Dasar (KMD) dan Kursus Mahir Lanjutan (KML).

 

Kegiatan KMD dan KML dibuka oleh Asisten Bidang Administrasi Drs Hi Firman Ranie di Aula Hotel Gisting, Tanggamus, Senin (9/4).

 

Pembukaan juga dihadiri Kepala Dispora Tanggamus Rizal Pahlevi, pengurus kwarcab gerakan Pramuka Tanggamus Gandung Hartadi dan Kepala Pusat Pendidikan dan Latihan Cabang Bina Jejama Kwarcab Pramuka Tanggamus Darlik SPd.

 

Dalam laporannya, Ketua Panitia Kegiatan, Agus Setiawan mengatakan, tujuan dilakukannya KMD dan KML adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan kepramukaan di gugus depan, sebab peranan pembina Pramuka sangatlah penting.

 

"Pembina Pramuka perlu selalu meningkatkan kemampuan dan keterampilannya, sehingga dapat menumbuhkembangkan kreativitas anak didiknya," kata dia.

 

Kegiatan KMD dan KML Penggalang ini dilaksanakan dari tanggal 9-14 April 2018 bertempat di lapangan Landsbaw Gisting. Adapun jumlah pesertanya sebanyak 40 orang, dengan rincian 20 peserta KMD dan 20 peserta KML.

 

Sementara, Pj Bupati Tanggamus Zainal Abidin dalam sambutannya yang diwakili Firman Ranie mengatakan, pendidikan kepramukaan adalah merupakan proses pembentukan kepribadian kecakapan hidup dan melalui Pramuka melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan berisi keterpaduan proses pengembangan nilai sikap bagaimana diamanatkan oleh Permendikbud RI nomor 63 tahun 2014 tentang pendidikan kepramukaan sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah sebagai upaya pengetahuan dan wawasan pembina Pramuka dalam membina peserta didik agar tercapainya tujuan gerakan Pramuka.

 

"Maka dari itu diperlukan pendidikan dan latihan khusus untuk meningkatkan kualitas dan kualitas sehingga dapat mengerti dan memahami serta ikut memiliki gerakan Pramuka sehingga sadar secara sukarela dapat membantu baik moril maupun materil terhadap pelaksanaan pendidikan dan pelatihan di dalam gerakan Pramuka," ujar Firman Ranie.

 

Firman berharap peserta kursus untuk bersungguh-sungguh dalam mengikuti kegiatan. "Saya menekankan kepada pelatih khusus dalam memberikan materi sesuai dengan keperluan bagi pendidikan kepramukaan dengan lebih mengedepankan konsep di lapangan praktek daripada teori dan meningkatkan keterampilan pelatihan," pungkasnya.(zal)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Hima Akuntasi IIB Gelar Seminar Literasi Baha ...

MOMENTUM, Bandarlampung – Himpunan Mahasiswa (Hima) Akuntansi I ...


LPM Pringsewu Bekerja Sama dengan LKP DMC Gel ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kabu ...


35 Anggota Paskibraka Provinsi Lampung Terpil ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Seleksi Paskibraka Provinsi Lampung berl ...


4 Calon Paskibraka Lampung Selatan Lulus Ting ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Seleksi Paskibraka Tingkat Provinsi Lamp ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com