Himpaudi: Banyak Pendidik Belum Profesional

Tanggal 20 Apr 2017 - Laporan - 1443 Views
Ilustrasi PAUD. Foto: Google

Harianmomentum--Ketua Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) Kabupaten Tanggamus Hj Afillah mengatakan masih banyak pendidik yang belum memadai atau profesional dalam menjalankan tugas.

 

"Demi memaksimalkan tugas pengajar atau pendidik, maka perlu terus kita tingkatkan dengan memberikan pendidikan dan pelatihan (Diklat)," kata Afillah saat menghadiri Diklat berjenjang tingkat dasar bagi pendidik PAUD se Kabupaten Tanggamus, di Aula Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Gisting, Kamis (20/4).

 

Afillah menyampaikan bahwa kegiatan diklat ini diikuti oleh 110 peserta yang terbagi dalam 10 dalam kategori guru TK dan 100 kategori guru Himpaudi. "Kegiatan ini berlangsung selama enam hari sejak tanggal 20-25 April 2017," ujarnya.

 

Ia menambahkan, materi yang harus diikuti oleh para peserta pendidik PAUD adalah tentang konsep-konsep dasar, dan dasar-dasar cara mengajar di PAUD. 

 

Ketua Himpaudi juga menyebutkan, latar belakang diadakannya diklat dasar Himpaudi ini adalah dengan adanya kewajiban satu pekon satu paud. 

 

"Masih banyak tingkat pendidikan yang belum memadai oleh karena itu untuk meningkatkan kompetensi pendidik harus menerapkan kegiatan pembelajaran guna untuk membangun dan memperkuat karakter," terangnya.

 

Masih menurut dia, munculnya permasalahan yang menyangkut kualitas baik dari aspek pelayanan maupun kualitas tenaga pendidik PAUD sangat bervariasi atau terdiri dari berbagai bidang bukan murni berlatar belakan pendidikan.

 

"Artinya, masih banyak yang berpendidikan rendah, maka dari itu Himpaudi mengadakan diksar untuk meningkatkan kompetensi guru," kata dia.

 

Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Tanggamus Andi Wijaya, menyampaikan bahwa program diklat tingkat dasar bagi pendidik PAUD merupakan kewajiban bagi para pendidik demi meningkatkan kompetensinya di dalam pembelajaran.

 

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) nomor 16 tahun 2007 tentang kompetensi guru dan Permendiknas nomor 58 tahun 2009 tentang standar pendidikan PAUD. "Dengan diklat ini diharapkan pendidik mampu memahami kompetensi yang diperlukan untuk mengajar anak usia dini," kata dia.

 

Ia melanjutkan, dengan kata lain pendidik bisa lebih terarah dan berimplikasi pada kualitas pendidikan PAUD.

 

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus, Andi melanjutkan, sejauh ini telah memberikan dukungan penuh terhadap PAUD. 

 

"Anggaran yang disediakan oleh Pemerintah bagi pembinaan dan pengembangan PAUD terus di tingkatkan. Jika tahun 2016 sebanyak Rp2 miliar, maka di 2017 anggaran naik menjadi Rp2,87 miliar," ungkapnya.

 

Meningkatnya dukungan anggaran yang diberikan terhadap pembinaan dan pengembangan pendidikan anak usia dini, pihaknya berharap dalam rangka pengembangan layanan, maka seluruh pihak yang berkompeten termasuk stakeholder terkait harus berkomitmen membangun sinergitas, jejaring kerja dan kemitraan sesuai dengan peran tugas pokok dan fungsi serta kewenangan masing-masing.

 

"Persoalan banyaknya pekon yang belum memiliki layanan PAUD dapat segera dituntaskan. Saya juga berharap kepada pengurus dan anggota Himpaudi untuk terus berinovasi mengembangkan sistem pembelajaran yang lebih kreatif dan mendidik guna memaksimalkan penggalian potensi dan karakter positif anak," tuturnya.

 

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Himpaudi Kabupaten Hj Afillah, Kabid PKLK (Pendidikan Khusus Luar Sekolah) Saifudin Juhri, perwakilan Dinas Pendidikan, Sekcam Gisting Royihan, UPT Pendidikan Kecamatan Gisting, dan seluruh Guru PAUD se Tanggamus.(Red/asn)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Hima Akuntasi IIB Gelar Seminar Literasi Baha ...

MOMENTUM, Bandarlampung – Himpunan Mahasiswa (Hima) Akuntansi I ...


LPM Pringsewu Bekerja Sama dengan LKP DMC Gel ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kabu ...


35 Anggota Paskibraka Provinsi Lampung Terpil ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Seleksi Paskibraka Provinsi Lampung berl ...


4 Calon Paskibraka Lampung Selatan Lulus Ting ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Seleksi Paskibraka Tingkat Provinsi Lamp ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com