Jelang Ramadhan, Harga Bahan Pokok Stabil

Tanggal 18 Apr 2018 - Laporan - 795 Views
High Level Meeting TPID se-Provinsi Lampung. Foto. Ica.

Harianmomentum.com--Harga bahan pokok di Provinsi Lampung pada menjelang Ramadhan 2018 masih stabil. Meski inflasi pada Januari mengalami kenaikan, namun dua bulan terakhir sudah terkendali.


Ketua Harian TPID Lampung sekaligus Pj Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Hamartoni Ahadis mengatakan, secara kumulatif hingga Maret 2018, inflasi relatif stabil jika dibandingkan dengan tahun lalu. Ini sejalan dengan antisipasi menjaga stabilitas harga yang dilakukan TPID di seluruh Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung. 


Menurut dia, untuk menjaga kecukupan pasokan bahan pangan, pemerintah melakukan sejumlah langkah. Pertama, memantau ketersediaan pasokan, keamanan dan kelayakan pangandi seluruh Kabupaten/Kota di Lampung. Kedua, menyelenggarakan operasi pasar bekerjasama dengan Bulog dalam rangka stabilisasi harga secara terstruktur dan merata di seluruh Provinsi Lampung.


Ketiga, menggelar pasar murah bekerja sama dengan beberapa BUMN/D dan pihak swasta di hampir seluruh kota di Lampung. Keempat, memastikan penyaluran beras sejahtera (RASTRA) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung kepada rumah tangga sasaran dengan kualitas yang terjaga. 


Kelima, menjaga keterjangkauan harga dengan secara konsisten dan bersama-sama memantau perkembangan harga pasar. Keenam, mengawasi kelancaran dan keamanan distribusi komoditas pangan antar daerah di Lampung serta mencegah penimbunan komoditas pangan. 


"Selanjutnya memastikan ketersediaan BBM dan elpiji sesuai kebutuhan mengingat Lampung merupakan jalur perlintasan dari Sumatera ke Jawa dan sebaliknya," jelas Hamartoni saat High Level Meeting TPID se-Provinsi Lampung di Auditorium Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung, Selasa (17/4/2018).


High Level Meeting TPID se-Provinsi Lampung dilakukan dalam upaya memperkuat langkah-langkah pengendalian harga sepanjang tahun, termasuk periode Ramadan yang sebentar lagi akan tiba. 


Ia juga memberikan arahan kepada seluruh TPID Kabupaten/Kota untuk melakukan upaya konkrit menjaga inflasi tetap rendah dan stabil, termasuk meredam gejolak harga pangan selama Ramadhan. 


Pemerintah melalui Bulog dapat melakukan intervensi kapanpun dan dimanapun untuk menstabilkan harga. Pemerintah daerah bersama dengan instansi terkait, baik yang tergabung dalam TPID maupun satgas pangan selalu siap untuk melakukan stabilisasi harga. 


"Masyarakat tidak perlu merasa khawatir karena persediaan pasokan bahan pangan strategisdi Lampung pada kondisi yang Aman dan Cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Lampung merayakan puasa Ramadhan dan Idul Fitri," ungkapnya. (ica).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


PTPN IV Regional III Umumkan Pemenang Perform ...

MOMENTUM, Pekanbaru - PTPN IV PalmCo Regional III mengumumkan pem ...


April 2024, Harga Beras dan Cabai Picu Deflas ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sejumlah komoditas pangan memicu deflasi ...


Lampung Craf 2024, Giliran Lampung Timur Jadi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekra ...


SBI Perkuat Fokus Efisiensi dan Inovasi Hadap ...

MOMENTUM, Jakarta--PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (“SBI”) men ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com