Penderita Lumpuh Layu Dapat Bantuan di Lampura

Tanggal 21 Apr 2017 - Laporan - 1367 Views
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Lampung Utara, Yusrizal mengunjungi warga penderita lumpuh layu di daerah setempat.

Harianmomentum--Masih banyaknya penderita lumpuh layu di Kabupaten Lampung Utara (Lampura) membuat Wakil Ketua DPRD kabupaten setempat tergerak untuk memberikan bantuan.

 

Yusrizal, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Lampung Utara, Jumat (21/4) mengunjungi kediaman Usnah (60) warga Dusun Tanjungperak, Desa Tanjungaman, Kecamatan Blambanganpagar kabupaten setempat untuk secara langsung memberikan bantuan.

 

"Ketiga anak Ibu Usnah mengalami lumpuh layu, sesama manusia harus saling tolong menolong sehingga dapat setidaknya sedikit memberikan motivasi untuk bertahan dalam menjalani hidup," ujar Yusrizal.

 

Ketiga anak Usnah itu: Nina (29), Andi (21) dan Rudi (18), penyakit tersebut terjadi sejak puluhan tahun.

 

"Mereka hanya mampu terbaring dengan kondisi yang memprihatinkan layaknya seperti orang cacat. Terlebih lagi kondisi Nina yang tak mampu beraktivitas sama sekali," kata dia. Sedangkan, Andi dan Rudi hanya kesulitan? menggerakkan kedua lengannya.  

"Ya sejak kecil anak-anak saya menderita. Ingin berobat tidak ada biaya," kata Yusrizal menirukan keluhan Usnah.

 

Usai mengunjungi kediaman Usnah dan Suparti, Yusrizal menyampaikan kepriharinannya akan kondisi keluarga tersebut. "Saya ke sini merupakan bentuk kepedulian sesama. Terlebih lagi saya merupakan wakil rakyat di DPRD yang berkewajiban untuk selalu hadir dan siap membantu masyarakat," kata dia. 

 

Ketua DPC Demokrat Lampura itu berharap kedatangan dapat memberikan dukungan dan doa kepada keluarga agar sabar dan tabah menjalani cobaan tersebut.

 

Terkait solusi pengobatan terhadap penderita penyakit lumpuh layu, Mantan Ketua DPRD periode 2009-2014 itu berjanji dan berupaya membantu dengan memfasilitasi proses pengobatan ke provinsi. 

 

"Ya kita coba bantu fasilitasi pengobatan ke provinsi. Jika sudah memiliki BPJS bisa langsung kita antar, jika belum kita bantu membuatkannya. Kebenaran pihak provinsi melalui anggota Dewan Provinsi, Yandri Nasir anggota komisi IV fraksi Demokrat merespon dan siap membantu juga," terangnya.

 

Sebelum meninggalkan lokasi, Yusrizal memberikan santunan berupa uang tunai kepada keluarga Usnah dan Suparti guna membantu biaya pengobatan dan keperluan mereka. 

 

Masih di Dusun Tanjungperak, Yusrizal, juga mengunjugi penderita penyakit serupa yang dialami oleh Eka Widia Anggraini bocah berusia tujuh tahun putri bungsu pasangan Misri dan Suparti. 

 

Menurut Suparti, putrinya tersebut juga mengalami penyakit yang diduga lumpuh layu  sejak masih bayi. "Kami telah berupaya mengobati Eka semampunya. Akan tetapi karena kondisi ekonomi yang tidak memadai memaksa mereka tidak rutin mengantarkan Eka tuk berobat," kata dia. 

 

Lumpuh layu suatu penyakit sejenis polio yg biasanya menyerang anak-anak. ciri-ciri lumpuh layu di antaranya menyerang anak usia di bawah 15 tahun, panas tinggi selama beberapa hari, tiba-tiba lumpuh, layu (tidak kaku) dan bukan karena trauma (seperti jatuh).

 

Lumpuh layu merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus. Lumpuh akut itu penyebabnya ada dua yaitu GBS (Guelluen Bare Sindrom) dan polio. Penyakit ini sumbernya di usus yang keluar bersama tinja. 

 

Kalo anak lain tidak mendapatkan imunisasi maka bisa tertular juga, penyakit ini sifatnya menular dan terjadi lingkungan yang sanitasinya rendah, jadi jika ada seseorang yg diduga terkena penyakit ini, harus segera dilaporkan ke pihak kesehatan untuk segera memberikan tindakan pencegahan (pemberian vaksin) kepada anak2 di lingkungan setempat.(Red/asn)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Peringati HUT ke-63, IKWI Lampung Gelar Disku ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke ...


Pemkab Pandeglang dan Astra Financial Resmika ...

MOMENTUM, Pandeglang --  Puskesmas Pembantu (Pustu) Pakulura ...


Pemkot Metro Fasiliasi Tiga Pasien Jalani Per ...

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota (Pemkot) Metro memfasilitasi tig ...


Rumah Sakit Sri Pamela Membang Muda Resmikan ...

MOMENTUM, Medan -- Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan yang be ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com