Pegawai Dinkes Waykanan Latihan Penerapan SIKDA

Tanggal 23 Apr 2018 - Laporan - 1211 Views
Pelatihan penerapan aplikasi SIKDA yang diselanggarakan Dinas Kesehatan Kabupaten Waykanan

Harianmomentum.com--Sistem Informasi Kesehatan (SIK) merupakan sarana penghubung aliran data kesehatan antara pemerintah kabupaten, provinsi dan pusat.

 

Pengolahan data-data kesehatan perlu diatur sebaik mungkin, dapat terintegrasi secara menyeluruh dari level kabupaten, provinsi hingga pusat. 

 

Hal tersebut disampaikan Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Kabupaten Waykanan Abukori saat membuka Pelatihan Sistem Informasi Kesehatan Daerah (SIKDA). 

 

Kegiatan yang deselanggarakan dinas kesehatan setempat itu  berlangsung di sanggar kegiatan belajar Kabupaten Waykanan, Senin (23/04) .

 

“Kementerian Kesehatan telah melakukan berbagai upaya untuk memaksimalkan aliran data kesehatan melalui pengembangan dan pemanfaatan Sistem Elektronik. Salah satu langkah yang diupayakan adalah dengan mengembangkan Aplikasi Elektronik Sistem Informasi Kesehatan Daerah (SIKDA) Generik berbasis website,"  kata Abukori mewakili Bupati Raden Adipati Surya.

 

Dia melanjutkan, aplikasi ini bersifat open source dan dikembangkan dalam dua versi: online dan offline. 

 

“Sosialisasi penerapana aplikasin ini  dilakukan ke seluruh daerah secara.  Kabupaten Way Kanan merupakan salah satu daerah yang  mendapatkan pelatihan dan pemantapan penggunaan SIKDA Generik.

 

Dia berharap, melalui pelatihan tersebut dapat mempermudah puskesmas melakukan pengolahan dan pelaporan data kesehatan yang membuat masyarakat tidak buta dengan semua permasalahan kesehatan. (vit)

 


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Kasus DBD di Metro Meningkat Drastis ...

MOMENTUM, Metro--Jumlah kasus penularan penyakit deman berdarah d ...


Di Lampung Utara: 798 Orang Terjangkit Demam ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Penderita demam berdarah atau DBD di Kabupa ...


Dinkes Mesuji Catat 100 Kasus DBD ...

MOENTUM, Mesuji--Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji mencatata selam ...


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com