Lampung Timur Festival Panen Padi

Tanggal 29 Apr 2018 - Laporan - 1224 Views
Festival Panen Padi di Lampung Timur. Foto. Arif.

Harianmomentum.com--Pemerintah Kabupaten Lampung Timur  menyelenggarakan Festival Panen Padi yang dipusatkan di Desa Telogorejo Kecamatan Batanghari, Minggu (29/4/2018).


Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Lampung Timur M.Yusuf HR mengatakan festival ini bertujuan memotivasi petani agar meningkatkan produktivitas usaha taninya. 


"Festiva juga wujud aprisiasi terhadap petani yang telah memberikan kontribusi nyata terhadap upaya peningkatan produksi padi di Kabupaten Lampung Timur," katanya.


Dia menyebutkan, Kabupaten Lampung Timur mempunyai potensi pertanian yang besar, baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Dengan lahan seluas 162.719 Ha, yang terdiri dari lahan sawah 63.044 Ha dan lahan kering 99.775 Ha dengan 6.064 Kelompok tani.


Sementara itu Plt Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari mengatakan, arah pembangunan pertanian di Lampung Timur ke depan adalah mempertahankan swasembada beras secara berkelanjutan, diversifikasi dan peningkatan kualitas produk pertanian serta kesejahteraan petani.


"Lampung Timur salah satu penyumbang padi terbesar kedua di Provinsi Lampung, berperan aktif di bidang pertanian untuk ketahanan pangan, dan mempunyai potensi sumber daya alam maupun sumber daya manusia di bidang pertanian yang sangat potensial untuk dikembangkan," katanya.


Zaiful menambahkan pembangunan pertanian di Lampung Timur  diarahkan pada peningkatan pendapatan dan taraf hidup petani, meningkatakan pemanfaatan dan pelestarian sumber daya alam serta mewujudkan sistem ketahanan pangan yang berbasis pada sumber daya pangan, kelembagaan dan budaya pangan lokal.


"Demi tercapainya semua itu, tentu, perbaikan insfrastruktur seperti jalan dan irigasi harus ditingkatkan. Pemerintah daerah dan DPRD akan duduk bersama guna membahas permasalahan infrastruktur di Lampung Timur terutama di Kecamatan Batanghari akan menjadi prioritas pada 2019 mendatang", katanya.


Kegiatan festival panen padi di meriahkan lomba pawai busana tani, lomba dan pawai hand tractor (edet), lomba pameran produk-produk unggulan pertanian dan lomba bongkar pasang mesin pertanian. (arf).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Ciptakan Ketenangan Saat Long Weekend di Vill ...

MOMENTUM, Pasuruan – Menyambut long weekend yang dinanti pada M ...


Maliosewu, Wisata Kuliner Malam di Pringsewu ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Masyarakat Pringsewu dikenal kreatif, teru ...


Rumah Layung Rancabali Tea Resort: Pesona Rom ...

MOMENTUM, Ciwidey--Rancabali Tea Resort mengumumkan kehadiran uni ...


Libur Sekolah Tiba! Ini Harga Tiket Wisata Ed ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Libur sekolah telah tiba. Bagi Anda yang ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com