Gerakan Orangtua Bacakan Buku di Pulau Sebesi

Tanggal 04 Mei 2018 - Laporan - 998 Views
?Bunda PUAD Kabupaten Lampung Selatan Jasmine Shahnaz Zainudin bersama anak-anak usia dini usai meresmikan Gerakan Nasional Orangtua Membacakan Buku di Pulau Sebesi Kecamatan, Rajabasa. Foto. Alp.

Harianmomentum.com--Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) Jasmine Shahnaz Zainudin meresmikan Gerakan Nasional Orangtua Membacakan Buku (Gernas Baku) di Pulau Sebesi Kecamatan, Rajabasa, Kamis (3/5).


Bunda PAUD Jasmine Shahnaz Zainudin yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan, Thomas Amirico, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lampung Selatan Eka Riantina, beserta rombongan, menempuh perjalanan laut selama dua jam untuk tiba dilokasi.


Sampai di lokasi rombongan disambut ratusan masyarakat dan anak-anak Pulau Sebesi, yang sedari pagi sudah antusias menunggu kedatangan istri orang nomor satu di kabupaten berjuluk Gerbang Sumatera ini.


Bunda PAUD Jasmine Shahnaz Zainudin mengatakan, upaya meningkatkan budaya literasi dengan membaca buku perlu dilakukan sejak usia dini. Hal itu katanya, bukan hanya merupakan peran pemerintah, tetapi juga orang tua murid sendiri.


“Dengan membaca minimal 15 menit setiap hari, maka anak-anak kita akan lebih maju, akan selalu ada perkembangan didalam hidupnya,” kata Jasmine.


Dirinya menuturkan, perintah untuk membaca merupakan perintah pertama yang diturunkan Allah SWT melalu malaikat Jibril kepada nabi Muhammad Rasulullah SAW berupa “Iqra” (bacalah).


Untuk itu, dia mengimbau, agar orangtua menanamkan kebiasaan membaca kepada anak-anak sejak usia dini (0-5 tahun). Sebab katanya, pada masa inilah orang tua harus mampu memaksimalkan potensi tersebut untuk membentuk anak yang pintar secara akademik maupun baik secara sosial.


“Masa emas bagi seorang anak atau dikenal dengan masa Golden Age adalah masa pertumbuhan otak anak dengan cepat, dan juga anak mempunyai rasa ingin tahu yang besar. Memang awalnya sulit, tetapi jika kita biasakan rutinitas ini (membaca) sekali dua kali, Insya Allah anak-anak kita pengetahuannya luas,” ujarnya.


Senada dikatakan Kepala Dinas Pendidikan, Thomas Amirico, melalui sosialisasi program Gernas Baku tersebut, ia berharap masyarakat Lamsel, khususnya yang ada dipulau Sebesi dapat membiasakan aktivitas membaca buku, minimal 15 menit setiap hari.


“Membaca adalah membuka jendela dunia, artinya dengan membaca kita dapat menambah wawasan dan keilmuan kita,” ujar Thomas


Sementara, dari data yang di himpun Harianmomentum.com , Bupati Lampung Selatan melalui Bunda PAUD Jasmine Shahnaz Zainudin menyerahkan sejumlah bantuan buku dan komputer guna mendukung program Gernas Baku tersebut. (alp).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Sekolah Diminta Larang Siswinya Bersolek ...

MOMENTUM, Gunungsugih -- Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupate ...


Gelar Workshop Fundamental R, UIN RIL Perkuat ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Program Studi (Prodi) Pendidikan Matema ...


Gelar Bimtek MC, UIN RIL Cetak Pemandu Acara ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


Gelar Upacara Peringatan Hardiknas 2024, Rekt ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com