Hari Ini, Komisi II Kasih Masukan Perdana ke KPU dan Bawaslu

Tanggal 25 Apr 2017 - Laporan - 986 Views
Ilustrasi. Foto: Google

Harianmomentum-- Komisi II DPR menggelar rapat kerja perdana dengan komisoner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Ombudsman RI yang baru di gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, hari ini (Selasa, 25/4).

 

Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Riza Patria menjelaskan, dalam raker ini akan diminta paparan KPU dan Bawaslu terkait persiapan Pilkada serentak tahun 2018.

"Kami ingin Pilkada 2018 lebih baik dari Pilkada 2017 dan 2015," katanya. 

Komisi II, kata Ahmad, memiliki perhatian khusus terhadap persiapan Pilkada 2018. Pasalnya, jumlah daerah yang akan menggelar Pilkada serentak mendatang lebih banyak jika dibandingkan tahun ini.

"Dan daerah-daerah yang memiliki basis-basis pemilih terbanyak di Indonesia ternyata ada di Pilkada 2018. Seperti Jabar, Jateng, Jatim dan daerah-daerah yang dianggap rawan, Papua juga ada di 2018. Tentu ini jadi? perhatian kita bersama karena Pilkada yang sukses bisa diikuti dan ditingkatkan lagi. Terlebih KPU nya banyak yang baru dan Bawaslu seluruhnya baru. Tentu mereka perlu dapat masukan-masukan dari Komisi II agar mampu mengantisipasi kemungkinan yang tidak baik," urainya.

Masalah lain yang disoroti terkait daftar pemilih tetap dalam Pilkada 2017 di beberapa daerah. Masalah ini harus dipastikan tidak terulang lagi di Pilkada 2018. 

"Kami harapkan dengan 98 persen e-KTP yang terekam dan blanko sudah siap, kita harapkan di 2018 masalah e-KTP selesai dan tidak hanya itu tapi juga DPT yang selalu jadi masalah Pemilu ke Pemilu diharapkan dalam waktu setahun ini pemerintah dan KPU bisa mengambil hikmah dari masalah sebelumnya dan memberikan terobosan baru," ujarnya.

Diakuinya memang pelaksanaan Pilkada tahun ini berjalan tertib dan lancar. 

"Pilkada kemarin luar biasa. Juga Pilkada 2015 berlangsung baik tapi pragmatisme masyarakat. Kita harap dengan peristiwa Pilkada kemarin, kita harap pasangan manapun nanti tidak melakukan money politic," tukas politisi Partai Gerindra ini.(Red)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Baliho Cagub Colong Star Kampanye, Bawaslu Ta ...

MOMENTUM, Tanggamus-- Terdapat beberapa titik baleho salah satu C ...


Kasat Reskrim Ingatkan Anggota PPK untuk Jala ...

MOMENTUM, Tanggamus -- Kasat Reskrim Polres Tanggamus Iptu Muhamm ...


KPU Tanggamus Lantik 100 Anggota PPK untuk Pi ...

MOMENTUM, Tanggamus --  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanggamu ...


Made Bagiasa Siap Ramaikan Pilbup Lamteng ...

MOMENTUM, Bandarlampung--I Made Bagiasa, anggota DPRD Provinsi La ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com