Polres Gandeng Pemkab Tanggamus Pantau Pasar Kotaagung, Ini Hasilnya

Tanggal 11 Mei 2018 - Laporan - 653 Views
Ekspose hasil sidak pasar di Kabupaten Tanggamus./ist

Harianmomentum.com--Kepolisian Resor (Polres) menggandeng Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus memantau harga serta ketersediaan bahan pangan dalam rangka menjelang bulan suci Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah.

 

Kapolres Tanggamus AKBP I Made Rasma bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tanggamus Hi Andi Wijaya memimpin tim terpadu Pemkab Tanggamus yang tergabung dalam Satuan Tugas Pangan (Satgas Pangan) dalam sidak pasar tradisional Kotaagung, Jumat (11/5).

 

Hasil sidak, tim menemukan beberapa bahan makanan dalam kemasan yang kadaluarsa serta petasan yang dilarang beredar kemudian seluruhnya dikumpulkan guna dimusnahkan.

 

Kapolres AKBP I Made Rasma mengungkapkan, peran Polres Tanggamus dalam kegiatan sidak ini adalah sebagai tim terpadu Satgas Pangan. Adapun poin serta fokus tim Satgas Pangan untuk mensurvei stabilitas harga pangan bahan pokok dan ketersedian bahan pangan itu sendiri dalam menghadapi bulan suci Ramadan dan Idul Fitri.

 

Selain itu juga memantau peredaran bahan petasan yang mempunyai daya ledak yang dapat mengganggu kekhusyukan umat yang sedang menjalankan ibadah puasa.

 

"Kegiatan ini akan berkesinambungan, jadi tidak saat ini saja, tim akan terus memantau, terkait harga pangan. Kemudian satgas juga memantau ketersediaan bahan pangan sendiri, sehingga masyarakat Tanggamus tidak resah dalam menghadapi hari raya idul fitri kedepan," ungkap AKBP I Made Rasma.

 

Sementara itu, Sekdakab Tanggamus Andi Wijaya mengatakan, dalam menghadapi bulan suci Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah, tim terpadu Satgas Pangan Pemkab akan melaksanakan sidak ke seluruh pasar di Kabupaten Tanggamus.

 

"Kita mulai sidak di pasar Kotaagung ini, memastikan harga terkendali dan ketersediaan bahan pangan mencukupi, sekaligus memantau kelayakan konsumsi bahan makanan. Dan dari hasil sidak hari ini, memang kami temukan beberapa bahan makanan dalam kemasan yang kadaluarsa, dan didapati juga oleh anggota Satgas Pangan, petasan yang dilarang beredar," kata Andi Wijaya.

 

Andi Wijaya mengatakan, selain itu, tim Satgas Pangan juga akan berkoordinasi dengan pemasok-pemasok bahan pangan, yakni sembako, seperti berkoordinasi dengan agen agen, bulog dan pihak Pertamina. Tujuannya, agar harga dapat terkendali dan tidak terjadi kelangkaan barang srperti gas, yang lazim terjadi jelang Idul Fitri.

 

"Kita akan berkoordinasi dengan para agen ataupun toko-toko besar di Tanggamus ini, memastikan tidak ada penumpukan stok barang dengan tujuan menaikkan harga, begitu juga dengan agen distributor gas elpiji kita akan pantau," jelasnya.

 

Turut bersama hadir bersama tim, Dandim 0424 Tanggamus Letkol. Arh. Anang Hasto Utomo, S.IP yang diwakili Danramil Kota Agung, Kabag Ops Polres Tanggamus Kompol Aditya Kurniawan, SH, SIK, Kapolsek Kota Agung AKP Syafri Lubis, Kadis Perdagangan Zulfadli, Sekretaris Dinas Kesehatan Taufik Hidayat, Sekretaris Ketahanan Pangan Alkat Alamsyah, Kabag Perekonomian Suyanto, Komandan Sat Pol PP Yumin, sekretaris Dishub Suroyo, Camat Kota Agung Wiwin Triani.(zal)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Polres Tangkap Preman Penanganiaya Sopir Asal ...

MOMENTUM, Gunungsugih--Dua preman inisial BTS (29) dan IAF (28) y ...


Pencuri 32 Gram Kalung Emas Diringkus Tekab S ...

MOMENTUM, Seputihsurabaya--Seorang petani dan ibu rumah tangga (I ...


KDRT, Oknum Polisi di Tanggamus Dilaporkan ke ...

MOMENTUM, Kotaagung--SA (27) istri sah dari seorang oknum anggota ...


Dugaan Korupsi di Tirtakencana, Polisi akan L ...

MOMENTUM, Panaragan -- Kasus dugaan korupsi di Tiyuh/Desa Tirtake ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com