Pastikan Jemput Paksa Kalapas, BNN Terima Kunjungan Kakanwil Kemenkumham

Tanggal 16 Mei 2018 - Laporan - 674 Views
Kakanwil Kemenkumham Provinsi Lampung Bambang Haryono.

Harianmomentum.com--Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Lampung menegaskan akan melakukan jemput paksa kepada Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIA Kalianda, Muchlis Adjie, jika surat panggilan pemeriksaan tidak diindahkan.

 

Usai pemeriksaan kalapas, BNN juga akan melakukan pemeriksaan terhadap Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Lampung Bambang Haryono.

 

Kepala BNN Provinsi Lampung, Brigjen Pol Tagam Sinaga mengatakan, pihaknya telah mengirimkan surat panggilan kepada Kalapas Kalianda.

 

“Surat panggilan telah kita kirimkan kepada yang bersangkutan,” ujar Tagam saat diwawancarai awak media, Rabu (16/5/18).

 

Tagam menegaskan, jikalau Muchlis tidak mengindahkan surat panggilan yang telah dilayangkan BNN, pihaknya tidak segan melakukan upaya paksa. “Kita ambil paksa kalau dia tidak juga datang. Kita tunggu saja,” jelasnya.

 

Dia menjelaskan, bahwa surat panggilan pertama telah diterima oleh Muchlis pada (Selasa 15/5). “Mudah-mudahan besok dia sudah hadir di sini,” ujarnya.

 

Dalam proses pemeriksaan seseorang, BNN akan mengirimkan surat pemanggilan sampai dengan tiga kali. Satu surat panggilan, berlaku tiga hari.

 

“Kalau besok dia tidak datang, akan kita kirimkan surat panggilan kedua dan seterusnya. Jika sampai panggilan ketiga dia tifak datang juga, barulah kita lakukan upaya paksa,” terangnya.

 

Pasca adanya kasus penangkapan petugas yang terlibat dalam pengendalian narkoba di Lapas Kalianda, pada (Rabu 16/5) pukul 9.45 WIB, Kakanwil Kemenkumham Provinsi Lampung menemui Kepala BNN setempat, Brigjen Pol Tagam Sinaga di kantornya. Padahal, sebelumnya tidak pernah melakukan hal tersebut.

 

Namun, baik Bambang ataupun Tagam membantah bahwa pertemuan tersebut dalam rangkaian pemeriksaan.

 

Tagam mengatakan bahwa kunjungan Kakanwil Kemenkumham setempat bukan dalam rangka pemeriksaan, melainkan hanya dalam rangka silaturahmi.

 

“Bukan panggilan (pemeriksaan), dia hanya melakukan kunjungan dalam rangka silaturahmi ke kantor kita," kata Tagam.

 

Saat ditanya kapankah dilakukan pememeriksaan terhadap kakanwil, Tagam menjawab belum dapat memastikannya.

 

“Kalau itu nanti, setelah kita selesai memeriksa Kalapas Kalianda. Semuanya itu ada prosesnya,” ujarnya.

 

Tagam melanjutkan, bahwa Bambang datang seorang diri, hanya didampingi oleh asistennya.

 

Dalam pertemuan singkat tersebut, lanjut dia, Bambang sempat mengatakan bahwa dirinya mendukung kinerja BNN Lampung dalam mengungkap kasus transaksi narkoba di Lapas Kalianda. 

 

"Dia mengapresiasi kinerja kita. Beliau juga meminta maaf, kalau selama ini mungkin dirasa kurangnya pengawasan di dalam Lapas Kalianda,” jelasnya.

 

Saat dikonfirmasi, Kakanwil Kemenkumham Lampung, Bambang Haryono membenarkan terkait kunjungannya tersebut. Dia mengatakan, kunjungannya ke kantor BNN setempat dalam rangka silaturahmi.

 

“Ya benar tadi saya datang ke BNN. Untuk silaturahmi, besokkan sudah memasuki Ramadan,” kata dia saat dihubungi.

 

Dia menuturkan, bahwa pihaknya mendukung penuh upaya pemberantasan narkotika yang selama ini di lakukan BNN.

 

“Tentunya kita mendukung hal tersebut. Kedepan, kita akan terus menjalin koordinasi yang baik dengan BNN,” jelasnya.

 

Disinggung terkait pemeriksaan yang akan dilakukan BNN kepada dirinya, kembali ia mengatakan siap untuk diperiksa kapanpun juga.

 

“Saya sudah seting kali sampaikan ke media bahwa saya siap diperiksa. Saya akan memberi keterangan sesuai pengetahuan saya,” terangnya.(acw)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Polres Tangkap Preman Penanganiaya Sopir Asal ...

MOMENTUM, Gunungsugih--Dua preman inisial BTS (29) dan IAF (28) y ...


Pencuri 32 Gram Kalung Emas Diringkus Tekab S ...

MOMENTUM, Seputihsurabaya--Seorang petani dan ibu rumah tangga (I ...


KDRT, Oknum Polisi di Tanggamus Dilaporkan ke ...

MOMENTUM, Kotaagung--SA (27) istri sah dari seorang oknum anggota ...


Dugaan Korupsi di Tirtakencana, Polisi akan L ...

MOMENTUM, Panaragan -- Kasus dugaan korupsi di Tiyuh/Desa Tirtake ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com