Bukit Pangonan Pringsewu Nominasi Penerima API 2018

Tanggal 26 Mei 2018 - Laporan - 3258 Views
Salah satu lokasi berfoto di obyek wisata Bukit Pangonan Kabupaten Pringsewu. Foto: ist/google

Harianmomentum.com--Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung memang tidak memiliki potensi wisata alam, seperti: pantai, hutan pegunungan. Meski begitu, bukan berarti kabupaten ini tidak punya potensi wisata yang diandalkan di tingkat nasional.

 

Kreatifitas masyarakat dan dukungan pemkab, berhasil menempatkan Bukit Pangonan Kabupaten Pringsewu masuk nominasi penerima Anugerah Pesona Indonesia (API 2018) untuk kategori Wisata Kreatif Terpopuler.

 

Obyek wisata Bukit Pangonan, letaknya bersebelahan dengan wisata talang air raksasa di Kelurahan Pajaresuk, Kecamatan Pringsewu.

 

Untuk mendapat anugerah API 2018, Bukit Pangonan harus bersaing dengan sejumlah obyek wisata peraih nominasi  kategori tersebut: Bali Agung Theater di Kabupaten Gianyar, Bali. Kampung Bekelir di Kota Tangerang, Banten, Kawasan Wisata Punclut di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Museum Macan di Jakarta Barat.

 

Selanjutnya: Pantai Tongaci di Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung,  Pantai Tope Jawa di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. Pasar Karetan di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Pasar Pancingan di Kabupaten Lombok Tengah, NTB, serta Wisata Pelancu di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. 

 

Anugerah Pesona Indonesia merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan sebagai upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia. Penyelenggaraan API juga bertujuan mendorong peran aktif seluruh pihak terutama pemerintah daerah lebih gencar mempromosikan  pariwisata di wilayahnya masing-masing.

 

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Pringsewu Samsir Kasyim menyambut gembira atas masuknya wisata Bukit Pangonan dalam nominasi API 2018 kategori Wisata Kreatif Terpopuler.

 

Dia sebelumnya, tidak percaya atas kabarar nominasi yang diraih obyek wisata Bukit Pangonana, karena banyak saingan. "Alhamdulillah Bukit Pangonan masuk Nominasi API 2018," kata Samsir pada harianmomentum.com, Sabtu (26/5).

 

Samsir menuturkan, awal mengetahui informasi itu dari pesan Washt App yang dikirim oleh rekan di Dinas Pariwisata Provinsi Lampung. 

 

“Tadinya belum  terlalu yakin. Baru yakin dan bersyukur, setelah kami mendapat surat resmi dari panitia penyelenggara API 2018 yang isinya sama, menginformasikan salah satunya Bukit Pangonan masuk nominasi," tuturnya.

 

Menindaklanjuti itu, Disporapar Pringsewu akan terus melakukan pembinaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pekon Fajaresuk juga melibatkan seluruh elemen untuk lebih memfokuskan penataan obyek wisata Bukit Pangonan.

 

"Selain mempertahan kondisi yang sudah ada, nanti akan kita tambah lagi kreasi kreatif lainnya agar lebih menarik wisatawan," ungkapnya.

 

Terpisah, Wakil Bupati Pringsewu Fauzi meminta, organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk  berkolaborasi saling membantu dan melengkapi.

 

"Semoga Bukit Pangonan akan lebih siap dalam peningkatan para wisatawan dengan Sapta Pesonanya, hingga membawa nama Pringsewu lebih terkenal lagi," harapnya.

 

Dia juga meminta, seluruh masyarakat Pringsewu memberikan dukungan agara Bukit Pangonan meraiah API 2018. Carany dengan mengiri SMS sebanyaknya ke 99386.

 

“Voting SMS akan dimulai 1 Juni hingga 30 Oktober 2018. Untuk bahan vote SMS pilihan dan promosi sedang dirancang oleh Disporapar Pringsewu. Nanti akan di informasikan kembali," kata wabup. (lis)

 

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Ciptakan Ketenangan Saat Long Weekend di Vill ...

MOMENTUM, Pasuruan – Menyambut long weekend yang dinanti pada M ...


Maliosewu, Wisata Kuliner Malam di Pringsewu ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Masyarakat Pringsewu dikenal kreatif, teru ...


Rumah Layung Rancabali Tea Resort: Pesona Rom ...

MOMENTUM, Ciwidey--Rancabali Tea Resort mengumumkan kehadiran uni ...


Libur Sekolah Tiba! Ini Harga Tiket Wisata Ed ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Libur sekolah telah tiba. Bagi Anda yang ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com