Komisi IV Sesalkan Lambatnya Pembebasan Lahan Tol Lampung

Tanggal 29 Mei 2018 - Laporan - 1089 Views
Moses Herman. Foto. Ira.

Harianmomentum.com--Ketua Komisi IV DPRD Lampung Moses Herman menyesalkan lambatnya pembebasan lahan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Bakauheni-Terbanggibesar dan Terbanggibesar-Pematangpanggang.

 

“Sebelum diresmikan Presiden Joko Widodo, seharusnya pihak perusahaan PT Utama Karya menyelesaikan dulu ganti rugi lahan sehingga pembangunan lancar dan tidak berbelit-belit seperti ini,” kata Moses saat rapat dengar pendapat dengan Tim JTTS Lampung di ruang rapat Komisi IV DPRD Lampung, Senin (28/5).

 

Berdasarkan data di lapangan, kata Mozes, pembangunan JTTS di wilayah Lampung banyak permasalahan, mulai pembebasan lahan hingga pembayaran ganti rugi.

 

Moses berharap secepatnya berbagai permasalahan tersebut dapat selesai, sehingga pada 2019 mendatang JTTS 100 persen bisa digunakan untuk angkutan mudik Lebaran.

 

Sekretaris Komisi IV DPRD Lampung Murdiansyah Mulkan mengungkapkan, pembangunan JTTS merupakan solusi untuk mengatasi kemacetan panjang yang kerap terjadi di wilayah Tegineneng Kabupaten Pesawaran dan Bandarjaya, Lampung Tengah.

 

“Untuk itu tugas kita komisi IV mengawasi pekerjaan proyek pembangunan jalan tol ini dalam persiapan arus mudik, maka untuk itu kita perlu fungsi pengawasan, sehingga memanggil satker-satker terkait,” tukasnya.

 

Sementara Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemprov Lampung Taufik Hidayat menyatakan optimis JTTS bisa dilalui pemudik pada arus mudik tahun ini. Ia mengklaim persiapan sudah mencapai 100 persen meski masih ada pekerjaan yang belum selesai.

 

“Selama Lebaran jalan tol bisa dilalui pada siang hari dengan menggunakan satu jalur. Kenapa tidak bisa dilalui malam hari? Karena pemasangan lampu jalan belum ada,” katanya.

 

JTTS yang bisa dilalui pemudik adalah ruas jalan STA 0-39,4 Sidomulyo sampai STA 109-140 Simpang Metro sampai Terbanggibesar. Nantinya pemudik bisa menggunakan e-money tol nol rupiah. (ira)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Komitmen Bayar SHT! PTPN I Tetap Erat Bergand ...

MOMENTUM, Jakarta--Peningkatan kinerja hingga kontribusi kepada n ...


BI Maksimalkan Penggunaan QRIS di Lampung ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kantor Perwakilan Bank Indonesia Lampung ...


BI: Ekonomi Lampung Triwulan I 2024 Tumbuh Me ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kinerja perekonomian Provinsi Lampung pa ...


Dukung Hilirisasi Energi, PGN Suplai Gas Bumi ...

MOMENTUM, Gresik – PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk mengoptim ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com