Ketua KPU: Tiga Hal Untuk Membangun Pemilu Berkualitas

Tanggal 02 Mei 2017 - Laporan - 939 Views
Ilustrasi. Foto: Google

Harianmomentum-- Komisioner KPU RI periode 2017-2022 berbincang santai dengan para wartawan dalam acara coffee morning yang digelar di Media Center KPU, Jakarta, Selasa (2/5).

Dalam acara itu, masing-masing komisioner dan sekretaris jenderal, memaparkan riwayat hidup, persinggungan mereka dengan dunia kepemiluan sebelum masuk ke KPU dan gagasan-gagasan untuk mentransformasi penyelenggaraan pemilu menjadi lebih kredibel dan akuntabel.

Acara coffee morning dipandu langsung oleh Ketua KPU RI Arief Budiman. Arief menekankan pentingnya tiga hal untuk membangun pemilu yang lebih baik dan berkualitas. Yaitu, transparansi, integritas dan kejujuran, dikutip RMOL.CO.

"Kalau tiga hal itu dilaksanakan dengan baik maka pemilu kita akan lebih berkualitas," ujarnya dalam rilis KPU. 

Ilham Saputra yang dipercaya sebagai Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan mengatakan bahwa dirinya bersama komisioner lainnya ingin membangun konsep dan praktek kepemiluan yang lebih simpel.

"Jadi teman-teman di level Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) itu lebih mudah menghitung hasil penghitungan perolehan suara dan hitungannya lebih cepat, tepat dan akurat," kata Ilham.

Menurut Ilham, persoalan teknis kepemiluan itu banyak terjadi pada level tempat pemungutan suara (TPS). Karena itu, selain meningkatkan profesionalisme dan integritas KPPS, PPS dan PPK, maka perlu dibuat formulasi teknis pemilu yang lebih simpel untuk memudahkan penyelenggara dalam mengadministrasikan hasil pemilu.

Hadir juga komisioner KPU yang lain, Evi Novida Ginting Manik yang dipercaya sebagai Ketua Divisi Umum, Rumah Tangga dan Organisasi; Wahyu Setiawan sebagai Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Pengembangan SDM; Viryan yang menggawangi Divisi Humas, Data Pemilih dan Hubungan Antar Lembaga; Hasyim Asyari sebagai Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan; dan Pramono Ubaid Tanthowi penanggung jawab Divisi Perencanaan, Keuangan dan Logistik; serta Arif Rahman Hakim sebagai Sekretaris Jenderal KPU. (Red)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Baliho Cagub Colong Star Kampanye, Bawaslu Ta ...

MOMENTUM, Tanggamus-- Terdapat beberapa titik baleho salah satu C ...


Kasat Reskrim Ingatkan Anggota PPK untuk Jala ...

MOMENTUM, Tanggamus -- Kasat Reskrim Polres Tanggamus Iptu Muhamm ...


KPU Tanggamus Lantik 100 Anggota PPK untuk Pi ...

MOMENTUM, Tanggamus --  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanggamu ...


Made Bagiasa Siap Ramaikan Pilbup Lamteng ...

MOMENTUM, Bandarlampung--I Made Bagiasa, anggota DPRD Provinsi La ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com