Di Lampung Utara, Angka Putus Sekolah Menurun

Tanggal 02 Mei 2017 - Laporan - 1104 Views
Wakil Bupati Lampung Utara Sri Widodo.

Harianmomentum-- Angka anak putus sekolah di Kabupaten Lampung Utara (Lampura) mengalami tren penurunan. Dua tahun lalu angka putus sekolah di kabupaten setempat mencapai sekitar 7 persen. Sedangkan tahun ini hanya 3 persen.

Wakil Bupati Lampura Sri Widodo mengatakan penurunan angka putus sekolah itu merupakan salah satu bukti komitmen pemerintah kabupaten (pemkab) setempat melaksanankan pembangunan bidang pendidikan.

“Pendidikan merupakan pondasi pembentukan kualitas sumberdaya manusai yang handal untuk menunjang keberhasilan program pembangunan di bidang lainnya. Penurunan angka putus sekolah ini, bukti keseriusan Pemkab Lampung Utara dalam melaksanakan program pendidikan,“ kata Sri Widodo usai mempin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional di halaman kantor pemkab setempat, Selasa (2/5).           

Dia menerangkan, bidang pendidikan merupakan elemen penting dalam upaya pengentasan kemiskinan. Karena itu, perbaikan dan peningkatan kualitas bidang pendidikan menjadi prioritas utama program pembangunan di Kabupaten Lampung Utara.

Dia mengakui,  upaya peningkatan sarana dan prasarana bidang pendidikan belum sepenuhnya dapat dilakukan sesuai harapan masyarakat, karena keterbatasan anggaran

 "Ada sekitar 850 unit gedung sekolah yang mengalami kerusakan, ringan, sedang dan berat. Kita telah melakukan perbaikan, walaupun belum semuanya bisa tercover, karena keterbatasan anggaran. Tapi kita tetap upayakan secara maksimal. Untuk saat ini, baru  sekitar 200 unit sekolah yang telah diperbaiki,"  ungkapnya.

Selain itu, lanjut dia, Pemkab Lampura juga ?mengalokasikan dana untuk peningkatan kualitas tenaga pengajar (guru). 

"Peningkatan kualitas guru juga menjadi prioritas. Upaya tersebut kita lakukan melalui workshop, seminar dan pelatihan. Tentunya juga dibarengi dengan upaya  peningkatan kesejahteraan,“ jelasnya. (Red)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Mahasiswi Prodi Hukum Bisnis Darmajaya Muli T ...

MOMENTUM, Bandarlampung – Mahasiswi Prodi Hukum Bisnis Institut ...


Gelar UTBK SNBT Hari Pertama, Unila Pastikan ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ujian tulis berbasis komputer (UTBK) sel ...


Mahasiswa Prodi IPII Raih Juara Lomba Gerakan ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Pe ...


Gelar Konferensi Internasional, Fakultas Syar ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Fakultas Syariah Universitas Islam Nege ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com