Ribuan Personel Dikerahkan Amankan Pilkada Lampung

Tanggal 25 Jun 2018 - Laporan - 666 Views
Ilustrasi.

Harianmomentum.com--Polda Lampung kerahkan 3000 personel dalam mengamankan jalannya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Lampung pada 27 Juni 2018 mendatang.

 

Hal itu dikatakan oleh Kapolda Lampung, Irjen Pol. Suntana saat diwawancarai usai acara Istighosah Kamtibmas di Mapolda setempat, Minggu (24/6/18).

 

“Kita telah siapkan 3000 personel untuk mengawal jalannya Pilkada. Saat ini mereka sudah dikirim, besok sudah pada berangkat posnya masing-masing,” kata Kapolda.

 

Sebanyak 3000 personel tersebut, terdiri dari anggota Polda setempat, masing-masing Polres se-Lampung, hingga polsek juga turut serta didalamnya.

 

Kapolda mengatakan, untuk wilayah-wilayah yang dianggap rawan personel akan disiagakan lebih. “Pada beberapa TPS yang kita anggap rawan, akan diberi penjagaan khusus,” ujarnya.

 

Kerawanan itu, sambung kapolda, dibagi dalam beberapa hal. Ada yang dilihat dari kontur geografisnya maupun potensi tindak kriminalitas saat pilkada berlangsung.

 

“Kerawan itu bisa dilihat dari geografisnya seperti yang di pulau yang aksesnya jauh, kemudian yang wilayahnya berada di perbukitan. Juga wilayah yang kita perkirakan dapat terjadi konflik cukup besar saat didalamnya,” sambungnya.

 

Selain anggota Polri dibawah jajaran Polda setempat, Korem 043/Garuda Hitam (Gatam) dan jajaran TNI di Lampung juga turut menbantu melakukan pengamanan jalannya Pilkada serentak tersebut.

 

Danrem 043/Gatam Kol Kav. Edwin Djatniko mengatakan, bahwa terdapat 1.665 personel gabungan yang diturunkan oleh TNI guna melakukan pengamankan jalannya pesta demokrasi itu.

 

“Ribuan personel yang kita turunkan itu mulai dari unsur pimpinan hingga staf Korem. Juga ada dari Kodim, dan Yonif,” jelasnya.

 

Menurut Danrem, dalam pengamanan tersebut TNI fungsinya hanya membantu tugas Polri. "Ini bentuk sinergitas TNI-Polri dalam mengamankan Pilkada serentak,” tutupnya.(acw)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Polres Tangkap Preman Penanganiaya Sopir Asal ...

MOMENTUM, Gunungsugih--Dua preman inisial BTS (29) dan IAF (28) y ...


Pencuri 32 Gram Kalung Emas Diringkus Tekab S ...

MOMENTUM, Seputihsurabaya--Seorang petani dan ibu rumah tangga (I ...


KDRT, Oknum Polisi di Tanggamus Dilaporkan ke ...

MOMENTUM, Kotaagung--SA (27) istri sah dari seorang oknum anggota ...


Dugaan Korupsi di Tirtakencana, Polisi akan L ...

MOMENTUM, Panaragan -- Kasus dugaan korupsi di Tiyuh/Desa Tirtake ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com