Cegah Kasus Gizi Buruk, Dinkes Lamsel Evaluasi Program

Tanggal 03 Mei 2017 - Laporan - 1339 Views
Kegiatan evaluasi program kesehatan keluarga dan Gizi di Kabupaten Lampung selatan. Foto: Bob

Harianmomentum--Berbagai upaya dilakukan Dinas Kesehatan (dinkes) Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) untuk menekan sekaligus mencegah terjadinya kasus gizi buruk di wilayah kabupaten setempat.

 

Salah satu upaya itu dilakukan melalui kegiatan evaluasi program Kesehatan Keluarga dan Gizi. Evaluasi program tersebut digelar di Ballroom Grand Elty Krakatoa Resort, Kalianda yang dimulai dari tanggal 2 sampai 3 Mei 2017.

 

Kepala Dinkes Lamsel Jimmy B Hutapea mengatakan evaluasi tersebut melibatkan 26 bidan koordinator dan 26 tenaga pelaksana gizi se- kabupaten setempat.

 

“Melalui evaluasi ini kita ingin mencari tahu sejauh mana pencapaian target program kesehatan keluarga dan gizi yang di Kabuapten Lampung Selatan. Sekaligus pemaparan program kerja setiap pustu pada tahun 2017,“ kata Jimmy.

 

Dia mengungkap, pada tahun 2016 terjadi enam kasus gizi buruk di Kabupaten Lamsel. Sedangkan untuk kasus kematian ibu saat melahirkan mencapai 15 orang. Menurut Jimmy,  jumlah tersebut mengalami penurunan dibanding tahun 2015.

 

"Semoga tahun ini dan kedapan, kasus gizi buruk dan kematian ibu akan terus menurun, bahkan tidak terjadi lagi," harapnya.

 

Selain itu, dia juga mengatakan saat ini  ketersediaan air bersih dan IPM (Indeks Pembangunan Manusia) di Lamsel masih rendah dibanding dengan kabupaten lain di Provinsi Lampung.

 

"Nanti kita akan membuat program perawat masuk desa. Pendanaannya akan dialokasikan dari progaram dana desa. Program perawat masuk desa ini untuk memdahkan kontrol kesehatan  masyarakat yang jauh dari dari puskesmas," terangnya. (Bob)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


Peringatan Hari Gizi Nasional, Royco Edukasi ...

MOMENTUM, Jakarta -- Peringatan Hari Gizi Nasional 2024, perusaha ...


Polres Pringsewu Baksos Pelayanan Kesehatan ...

MOMENTUM, Gadingrejo--Polres Pringsewu menggelar bakti sosial pel ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com