Lampung Diharapkan Terdepan dalam Ekonomi Syariah

Tanggal 28 Agu 2018 - Laporan - 793 Views
Seminar Nasional Ekonomi Islam di Universitas Muhammadiyah Lampung. Foto.Ira.

Harianmomentum.com--Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri berharap Seminar Nasional Ekonomi Islam dapat melahirkan konsep ekonomi yang dapat memajukan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Lampung.

Hal tersebut disampaikan Bachtiar Basri saat membuka Seminar Nasional Ekonomi Islam dengan tema Peran Asuransi Syariah Dalam Pengembangan Potensi Ekonomi dan Keuangan Syariah di Lampung  di Auditorium KH. Ahmad Dahlan, Lantai 3 kampus UM Lampung, Selasa (28/8/18).

"Atas nama Pemerintah Provinsi Lampung, saya mengapresiasi dan mendukung acara ini dalam rangka melahirkan suatu konsep/sistem ekonomi syariah di Lampung," ujar Bachtiar.

Dia menjelaskan, jika membicarakan tentang syariah, harus siap melakukan pengorbanan. Karena apapun hasil yang diperoleh, sekitar 2,5 persen adalah milik orang lain.

"Seminar ini akan berjalan baik, dan ada satu hal yang harus ditanamkan, bahwa sebagai seorang muslim harus menapaktilasi semangat pengorbanan tersebut," kata dia.

Bachtiar berharap semua pihak terkait dapat bersinergi dan menindak lanjuti apa yang diperoleh dari seminar nasional tersebut. Sehingga Lampung dapat menjadi garda terdepan dalam hal ekonomi syariah.

"Semoga Lampung menjadi yang terdepan terkait ekonomi syariah. Dan Universias Muhammadiyah Lampung mampu menjadi embrio tumbuhnya ekonomi syariah di Lampung," harapnya.

Ketua Ikatan Ahli Ekonomi Indonesia (IAEI) Nurul Huda menjelaskan, Seminar Nasional Ekonomi Islam merupakan program kerja yang terus digulirkan dari satu Provinsi ke Provinsi yang lain.

"Kegiatan ini sudah dilaksanakan di Kalimantan, Sulawesi, dan Jawa. Kini kegiatan ini dilaksanakan di Sumatera," ungkap Nurul Huda.

Nurul Huda berharap, kegiatan ini dapat diikuti oleh para peserta dengan baik,  dalam rangka mengedukasikan ekonomi syariah kepada Masyarakat.

Sementara Rektor UM Lampung Dr. Dalman memberikan apresiasi dan mendorong penuh atas terselenggaranya seminar nasional ekonomi syariah.

"Alhamdulillah kami bisa melaksanakan seminar ini, dalam rangka untuk mengedukasikan kepada masyarakat Lampung, khususnya para pelajar/mahasiswa, karena edukasi ini harus dikenalkan kepada masyarakat sejak dini," jelas Dalman.

Dia menjelaskan, sudah saatnya masyarakat Lampung untuk dapat memahami tentang perbankan syariah, hal ini dikarenakan masih banyak masyarakat yang masih ragu dengan perbankan syariah.

"Ini adalah peluang baik untuk memahami terkait ekonomi syariah. Untuk itu, diharapkan para peserta dapat mengikuti kegiatan seminar nasional ini dengan baik," harap Dalman. 

Acara seminar tersebut menghadirkan narasumber, Moch. Muchlasin (Ketua Bidang Penelitian dan Pengembangan IKNB DPP IAIE/Direktur IKNB Syariah OJK), Awang Muda Satria (Senior Executive Curriculum Development Prudential Indonesia), Dr. Ayi Ahadiyat (Ketua ISEI Lampung), dan Ketua OJK Lampung Indra Krisna. (ira).


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Sheraton Lampung Hadirkan Konsep 'All Inclusi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sheraton Lampung Hotel merupakan satu-sa ...


50 Pembatik Lampung Mengikuti Sertifikasi Kom ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sebanyak 50 orang pembatik mengikuti Ser ...


Dukung Transisi Energi, Pertagas Jalin Kerja ...

MOMENTUM, Jakarta -- PT Pertamina Gas (Pertagas) dan PT Pertamina ...


Paca Idulfitri, PLN Nusantara Power Pastikan ...

MOMENTUM, Tarahan -- PLN Nusantara Power (PLN NP) memastikan selu ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com